KampungBerita.id
Kampung Gaya Surabaya Teranyar

Rumah Pintar Koarmatim  Terima Penyuluhan dan Imunisasi Difteri

Seorang anak sedang mendapat layanan di Rumah Pintar Koramatim

KAMPUNGBERITA.ID – Masih rangkaian kegiatan vaksinasi Difteri, kali ini para siswa Rumah Pintar Dolphin Koarmatim melaksanakan vaksin Imunisasi Difteri yang bekerjasama dengan UPTD PKM Sawah Pulo yang diketuai oleh Bidan Isti, Amd.Keb, Ujung Koarmatim.

“Tentunya kita patut mewaspadai bila anak tidak diimunisasi maka akan membahayakan jiwanya dan orang – orang di sekitarnya, penyakit Difteri sendiri merupakan penyakit infeksi akut yang mudah menular disebabkan oleh infeksi Corynebacterium Diphtheriae”, ujarnya.

Dia menambahkan, kuman yang paling sering menginfeksi saluran pernafasan, terutama bagian tansil,nasofaring ( bagian antara hidung dan faring/ tenggorokan) dan laring, serta terdapat juga pada kulit, konjungtiva, genitalia dan telinga. Kuman ini juga menghasilkan sebuah racun yang disebut eksotoxin yang sangat berbahaya, karena menyerang otot jantung, ginjal dan jaringan syaraf.

Adapun penularan Kuman Difteri hidup pada selaput lendir rongga mulut, tenggorokan dan hidung pada orang yang terinfeksi dengan kuman ini.  Penularannya umumnya melalui udara (batuk/bersin), percikan air ludah batuk dari penderita. Bisa juga melalui benda atau makanan yang terkontaminasi Corynebacterium Diphtheriae.KBID-HUM

Related posts

Pembangunan SPBU Shell di Simo Magersari Diprotes Warga, Komisi C: Surabaya Butuh Investasi, Tapi Harus Sesuai Aturan

RedaksiKBID

Bupati Bojonegoro Terima Anugerah Widya Wiyata Dharma Satya dari Unesa

RedaksiKBID

Pengurus YPI Cokroaminoto Minta Maaf ke Pemkot Surabaya

RedaksiKBID