Saat Muncul ‘Ikan Munggut’, Sungai BAT selalu Minta Tumbal

Sungai BAT yang memakan korban seorang anak tenggelam saat mencari ikan.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Tenggelamnya seorang anak di Sungai BAT Surabaya memunculkan sejumlah cerita mistis. Beberapa warga sekitar yang ikut berupaya melakukan pencarian bersama petugas SAR hingga larut malam menuturkan, Sungai BAT memiliki pertanda ketika hendak meminta tumbal.

Sudah lebih dari lima tahun berselang, tidak ada korban jiwa tenggelam di sungai yang kanan kirinya diapit dua jalan raya tersebut. Kali ini, seorang anak diketahui hilang saat asyik mencari ikan. Ikan yang sedang ‘mabok’, biasa dikenal warga Surabaya ‘ikan munggut’.

Dituturkan, munculnya ‘ikan munggut’ berkaitan dengan tenggelamnya anak tersebut. Salah satu warga asli Dinoyo, Kasnatin menyebutkan, sejak lima tahun berselang tidak ada orang tenggelam. Namun, kata dia, saat ikan munggut muncul, sungai kembali memakan korban. Entah itu anak-anak atau orang dewasa sekalipun.

”Dulu sempat terjadi peristiwa yang sama, ada ikan yang ‘mabok’ banyak warga sekitar bahkan warga lain mencari ikan. Disaat itu, ada pula peristiwa orang tenggelam. Dan anehnya, korban tenggelam ini pasti ketemu keesokan harinya dan tidak pasti hari ini,” tutur dia.

Menurutnya, peristiwa hari ini terjadi hampir sama dengan kejadian-kejadian sebelumnya. Dimana, saat beberapa anak sedang mencari ikan di sungai BAT, seorang dari mereka diketahui tenggelam dan belum ditemukan sampai sekarang. Dia meyakini anak itu pasti ditemukan pada besok di jam yang sama anak itu tenggelam.

Kasnatin menyebutkan, di sepanjang Kali Surabaya dahulu dikenal seseorang dengan sebutan ‘Mbah Kalap’, pria asli Jagir Surabaya itu kerap dimintai tolong untuk mencari orang yang tenggelam di sungai. ”Saat ini orangnya sudah meninggal,” ujar dia. KBID-RIZ