KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Terima Kedatangan Kirab Bendera Parpol, KPU Kota Surabaya Siap Sosialisasikan Pemilu 2024 di 31 Kecamatan

Subairi menjelaskan rute Kirab Pemilu 2024.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyatakan kesiapannya untuk menerima kedatangan Kirab Bendera Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman 87, Selasa (9/5/2023) pukul 09.00.

Kesiapan ini disampaikan anggota KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Subairi dalam Media Gathering Kirab Pemilu 2024, Senin (8/5/2023) sore.

Selain menerima kirab bendera 18 parpol, KPU Kota Surabaya juga mengundang parpol peserta Pemilu 2024 untuk deklarasi damai.

Dalam kegiatan tersebut, Subairi menyampaikan jika Kirab Bendera Parpol Peserta Pemilu 2024 yang bertema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa” sudah diluncurkan di tujuh titik di seluruh Indonesia pada 14 Februari 2023 guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

“Mulai 9 hingga 15 Mei 2023, KPU Kota Surabaya menjadi tuan rumah. Jadi, Selasa (9/5/2023) akan ada serah terima dari Provinsi Kaltim ke Provinsi Jatim tempatnya di Kantor KPU Surabaya,”jelas dia.

Di situ, lanjut dia, KPU Surabaya akan menerima kirab tersebut. Yang dikirab adalah bendera Merah Putih, bendera pataka KPU RI dan bendera 18 parpol peserta Pemilu 2024.

Kirab bendera parpol ini, kata dia, sekaligus mendiskripsikan kesiapan KPU menyelenggarakan Pemilu 2024. Kenapa demikian? “Karena masih ada pertanyaan masyarakat, pemilu ini jadi apa enggak? Karena itu, kirab bendera parpol ini sebagai penampakan atau publikasi eksternal KPU secara masif terhadap masyarakat bahwa Pemilu 2024 sudah dikirab dan sudah sampai di Kota Surabaya,” beber Subairi.

Lebih jauh, dia menjelaskan, setelah diserahterimakan akan dilanjutkan sosialisasi dan pendidikan pemilih secara masif dan menyeluruh hingga ke 31 kecamatan yang ada di Surabaya.

“Kita akan keliling di 31 kecamatan di Surabaya untuk sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan mengundang masyarakat. Ini kami bentuk dalam lima zona,”ungkap dia.

Jadi, beber dia, di masing-masing zona tersebut ada beberapa sosialisasi yang di antaranya nanti ada sosialisasi di segmen nelayan melalui kirab perahu di Kecamatan Bulak. Kemudian, akan keliling di eks lokalisasi Dolly untuk melakukan sosialisasi, dan di beberapa sasaran pemilih pemula seperti di SMA, serta kaum intelektual di kampus.

“Tentunya semua ini kami lakukan dalam rangka meningkatkan partispasi masyarakat dan menggugah masyarakat bahwa Pemilu 2024 ini harus kita sukseskan. Dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,”tegas dia.

Mantan jurnalis ini menambahkan, kirab bendera parpol ini akan melewati 308 kabupaten/kota. Sedang di Jatim sendiri melewati 29 kabupaten kota. Kirab bendera ini akan mendarat di KPU RI pada 25 Desember 2023.KBID-BE

Related posts

Pantau Tagihan Pelanggan, PGN Luncurkan Apliaksi Mobile

RedaksiKBID

Eri Cahyadi Raih Anugerah TIMES Indonesia 2020 Kategori Tokoh Muda Berprestasi

RedaksiKBID

Jadi Anggota Kopaska Gadungan, Tukang Batu Tipu Dosen

RedaksiKBID