KampungBerita.id
Madrasah Surabaya Teranyar

Tingkatkan Kualitas, Unusa Ajukan Skema LSP ke BNSP


Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie MEng, didampingi Wakil Rektor II Unusa, drg. Umi Hanik

KAMPUNGBEITA.ID – Memasuki tahun ke empat, peningkatan kualitas terus dilakukan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).Dalam waktu dekat, pengajuan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tampaknya akan segera direalisasikan.

Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie MEng mengatakan, ada delapan belas skema LSP Unusa yang akan dilisensi oleh BNSP. Di antaranya Program Studi (Prodi) Keperawatan, Kebidanan, KSP, K3, Analis Kesehatan, Instrumentasi Analis Kesehatan, IT, Gizi (Madya dan Utama), Koperasi, Manajemen, Akuntansi (Madya dan Utama, Syariah (Madya dan Utama).

“Rencananya akan diajukan, dan kami sedang menyelesaikan. Karena skema yang telah disusun oleh dua belas assessor kemarin sedang memperoleh masukan dari stake holder,” terang Prof Jazidie.

Dengan adanya LSP ini nanti, kemungkinan penyerapan SDM dalam dunia kerja menjadi lebih besar. Terlebih sebagai univesitas yang mengembangkan Kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), di mana dalam setiap program studi (prodi) harus ada hasil pembelajaran.

Dengan LSP ini, Unusa akan membuat kegiatan pelatihan yang bisa memberikan sertifikat resmi dan bisa memperpanjang sertifikat mahasiswa yang sudah lulus maupun magang. Karena LSP ini masa berlakunya hanya 3 tahun.

“Intinya lulusan Unusa akan mengikuti uji kompetensi dan mendapat sertifikasi kompetensi,” imbuhnya.
Setiap lulusan, disamping ijazah juga disertakan keterangan pendamping ijazah. Kompetensi di Unusa makin diperkuat dengan hadirnya sertifikasi kompetensi dari LSP. “Sehingga pertanggung jawaban kepada masyarakat nanti menjadi lebih kuat,” tambah Prof Jazidie. KBID-NAK

Related posts

Istri Melahirkan, Pria 34 Tahun Setubuhi Gadis Belia

RedaksiKBID

Pastikan Mal Terapkan Prokes, Kapolresta Sidoarjo Cek Aplikasi Peduli Lindungi dan Vaksinasi Pengunjung

RedaksiKBID

Tak Bisa Selesaikan Persoalan, DPRD Surabaya Minta Plt PD Pasar Mundur

RedaksiKBID