KampungBerita.id
Madrasah Surabaya Teranyar

Unipa Surabaya Miliki Satu Doktor Pendidikan Matematika

Sunyoto Hadi Prayitno dosen Unipa

KAMPUNGBERITA.ID – Sunyoto Hadi Prayitno dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berhasil mempertahankan disertasinya mengenai Profil Pemahaman Konseptual Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Kecerdasan Emosional saat Ujian Disertasi Terbuka (S3) Pendidikan Matematika di Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Selasa (9/1).

Setelah kurang lebih 2 jam mempertahankan hasil penelitiannya di hadapan dewan penguji, Sunyoto akhirnya meraih gelar doktoral dengan predikat memuaskan. Senyum sumringah nampak di wajah Pembina Pramuka Unipa itu usai hasil ujian diumumkan.

Dalam sidang terbuka yang digelar di Gedung K10 lantai III Unesa itu, dihadiri sejumlah pejabat Unipa Surabaya, diantaranya Pendiri Unipa Prof. Dr. Iskandar Wiryokusumo, M.Sc, dan Drs. Sutijono, MM. Tidak ketinggalan Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST, MM, DBA yang turut memberikan dukungan.

Dalam penelitian yang dilakukan, Suyoto ingin menunjukkan bahwa pemahaman konseptual adalah kemampuan dalam menggunakan suatu aturan/prosedur yang dimiliki oleh calon guru untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Untuk itu, dia pun melakukan tes tulis dan wawancara yang berbasis tugas.

Sunyoto menggunakan dua orang mahasiswa pendidikan matematika (calon guru) Unipa Surabaya semester akhir sebagai subjek penelitiannya yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah.

“Di sini, perbedaan tingkat kecerdasan emosional calon guru berpengaruh terhadap cara penyelesaian masalah matematika itu sendiri. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa calon guru yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, subjek mengawali memilih suatu konsep yang diketahui, calon guru yang memiliki kecerdasan emosional sedang, subjek mengawali dengan mengaitkan konsep yang telah dimiliki sebelumnya, dan calon guru yang memiliki kecerdasan emosional rendah, subjek mengawali memilih konsep sesuai pemahamannya. KBID-NAK

Related posts

Study Banding Peningkatan PDRB, Walikota Mojokerto Kuker ke Tanah Cendrawasih

RedaksiKBID

Sambut Tamu dari Berbagai Negara, Risma Bersih-bersih Jalan Utama

RedaksiKBID

Apakah Salah, Anak Muda Diberi Kesempatan Membantu Mengelola Republik Ini?

Baud Efendi