KampungBerita.id
Kampung Raya Tapal Kuda Teranyar

Warga dan Jurnalis Pasuruan Bersatu Tolak RKUHP dan UU MD3

Warga membubuhkan tanda tangan dukukan penolakan RKUHP UU MD3 di Alun-alun Bangil.

KAMPUNGBERITA.ID – Aksi tolak RKUHP dan UU MD3 yang digelar pada ruang rapat fraksi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan pada Kamis (15/2) terus berlanjut. Para wartawan Aliansi Jurnalis Pasuruan Bersatu (AJPB) kembali menggelar aksi tanda tangan dukungan dari warga, di Paseban Alun-alun Bangil.

Tak hayal aksi para wartawan di Paseban Alun-alun Bangil, tersebut mendapat animo dari warga, yang kala itu mengikuti car free day.

Abdullah (58 tahun) warga asal Kersikan-Bangil,” Alhamdulilah anak muda Pasuruan masih ada yang peduli dengan iklim demokrasi di negeri ini, yang akan tercabik atas disahkannya UU MD 3 oleh DPR RI beberapa hari lalu,”ungkapnya.

“Saya pribadi hidup di tiga masa, dimana masa orde baru semua kebebasan berpendapat warga masyarakat terbelenggu oleh penguasa kala itu. Di akhir dekake 90an atau saat reformasi bergulir, kran demokrasi dibuka selebar-lebarnya. Masyarakat dapat menyampaikan pendapat atau kritik pada eksekutif dan legislatif, akan tetapi setelah 20 tahun kran demokrasi terbuka, saat ini kembali ditutup oleh UU MD3 yang baru saja disahkan,” kata dia.

“Ini adalah kemunduran demokrasi yang ada di negeri ini, dengan di sahkannya UU MD3 oleh DPR RI, setidaknya akan dijadikan oleh legislatif untuk memidanakan dan memenjarakan masyarakat yang melontarkan kritik atas kebijakan eksekutif dan legislatif yang tidak pro rakyat. Secara pribadi saya katakan bahwa masyarakat kebanyakan menolak atas RKUHP dan UU MD 3 tersebut,”pungkas dia.

Dari pantuan Harian Bangsa di lapangan,kain putih sepanjang 10 meter yang dibentangkan oleh Aliansi Jurnalis Pasuruan Bersatu, dalam waktu hampir satu jam, telah dipenuhi dengan tanda tangan warga masyarakat. Bahkan sejumlah anak usia sekolah, banyak pula membubuhkan tanda tangannya.
Dari informasi yang didapat, kain putih yang berisikan tanda tangan warga ini, akan segera dipasang di pintu masuk Kabupaten Pasuruan yang berada di bundaran Nusa Dua-Gempol.KBID-PSR

Related posts

Bantu Selesaikan Permasalahan Warga, Syaifuddin Zuhri Bentuk Kader Binaan Srikandi SZ di Dapil 5

RedaksiKBID

Tinjau Lokasi Banjir Bandang Sitiarjo, Pangdam V/Brawijaya Beri Bantuan Paket Sembako

RedaksiKBID

Pastikan Tak Ada Penyekapan Anggota Polri, Kabid Humas Polda Jatim Datangi Ponpes di Madura

RedaksiKBID