Warga Jurang Kuping Keluhkan Fokus Pembangunan Kota Surabaya Terpusat di Tengah Kota

Ketua DPD Partai Perindo Kota Surabaya Samuel Teguh Santoso saat berdialog dengan warga Jurang Kuping.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Warga Jurang Kuping, Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, menaruh harapan besar kepada paslon nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU). Mereka berharap jika MAJU terpilih menjadi wali kota, ada pemerataan pembangunan di Surabaya. Selama ini pembangunan hanya terfokus di tengah (pusat) saja, sementara masih banyak daerah pinggiran yang belum tersentuh pembangunan oleh Pemkot Surabaya.

Demikian salah satu hasil diskusi Ketua DPD Partai Perindo Kota Surabaya Samuel Teguh Santoso beserta tim dengan warga Jurang Kuping di rumah salah satu warga, Sabtu (31/10/2020) malam.

Menurut Cak Sam, panggilan Samuel Teguh Santoso, dari kegiatan sambang warga tersebut, dirinya banyak menerima keluhan dan usulan dari warga Jurang Kuping. Di antaranya, persoalan tempat wisata Waduk Jurang Kuping. Dulu, aset Pemkot Surabaya itu dikenal dengan wisata alam berupa camp ground (tempat perkemahan), sekarang malah terkenal dengan “prostitusi alam”-nya.

Karena itu, warga ingin infrastruktur Waduk Jurang Kuping dibenahi, sehingga bisa menjadi destinasi wisata alam andalan satu-satunya di Surabaya.

Cak Sam yang juga seorang lawyer ini mengakui, keinginan warga ini memang realistis. Sebab, kalau wisata alam Jurang Kuping sarana dan prasarananya bagus dan dikelola secara profesional akan menjadi sumber pemasukan buat warga sekitar dan tentunya Pemkot Surabaya.

Cak Sam menambahkan, wisata alam tersebut sebenarnya dapat menggerakkan perekonomian warga Jurang Kuping. Hanya saja selama ini kurang ada inovasi dalam pengolahan sektor unggulan setempat, sehingga penyerapan sumber daya manusia (SDM) untuk tenaga kerja juga kurang.

“Kalau wisata alam Jurang Kuping ini dikelola secara profesional dan roda perekonomian berputar, tentu akan bisa mengentas pengangguran di wilayah setempat, ” ujar Cak Sam ketika dikonfirmasi Minggu (1/11/2020).

Keinginan warga lainnya, jika Machfud Arifin-Mujiaman terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota, kata Cak Sam, warga ingin dibantu permodalan untuk pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, (UMKM).

Dan, terakhir warga Jurang Kuping ingin masalah pendidikan juga diperhatikan. Ini agar anak -anak di daerah pinggiran tersebut bisa mengenyam pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) hingga menjadi sarjana.
“Semua itu bisa diwujudkan jika Pak Machfud Arifin-Mujiaman menang dalam pilkada nanti. Karena itu, warga berjanji akan mencoblos nomor urut 2 pada Pilkada Surabaya,9 Desember 2020,” tandas Cak Sam.

Seperti diketahui Partai Perindo merupakan parpol nonparlemen pendukung Machfud Arifin- Mujiaman. Sebelumnya, paslon nomor urut 2 ini diusung oleh delapan parpol, yakni PKB, Gerindra, Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, PAN, Partai NasDem, dan PPP. KBID-DJI