KampungBerita.id
Headline Teranyar

Bubarkan Aksi Balap Liar di Sidoarjo, Polisi Amaknan 195 Motor dan 350 Orang

Polisi mengamankan ratusan sepeda motor dan ratusan orang dalam aksi balap liar di Sidoarjo.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Sebanyak 195 Sepeda motor diamankan oleh Sat Sabhara Polresta Sidoarjo rata-rata masih berusia belia. Tak hanya itu, sebanyak 350 orang diamankan lantaran melakukan aktivitas balap liar di eks tol Jabon, Sidoarjo, Minggu, (19/04/2020) sore.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menegaskan bakal memberikan sanksi seberat-beratnya bagi semua pelanggar. Terlebih mereka masih dibawah umur dan mayoritas tidak mempunyai SIM, KTP, STNK dan tidak memakai helm.

“Niat baik dari pemerintah untuk memutus mata rantai virus corona namun dibuat aksi yang tidak terpuji seperti ini,” tegas Kapolresta, Senin, (20/04/2020) dini hari.

Untuk memberi efek jera, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan para orang tua pelanggar.

“Membuat surat resmi kepada orang tua dan pihak sekolah. Isinya pemberitahuan jika anak didiknya pada hari ini melakukan kegiatan balap liar,” urai pria asal Nganjuk tersebut.

Sementara, berkaitan dengan barang bukti yang sudah diamankan, selanjutnya Polresta Sidoarjo bakal melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Sidoarjo.

“Untuk pelanggar yang tidak bisa menunjukkan surat-surat bakal kita tahan. Sementara kendaraan yang protolon harus dikembalikan ke bentuk standar,” bebernya.

Dijelaskan lebih jauh mantan PS Wadir Polairud Polda Metro Jaya ini bakal memberikan sanki dengan pasal yang lebih berat. “Biar ada efek jera. Baik kepada anak maupun orang tuanya,” harapnya.

Meski harus menempuh jarak sekitar 15-20 kilometer ratusan pemuda tersebut nekat hadir.

“Ada yang tidak mebawa uang. Atau sengaja hadir hanya untuk lihat dan taruhan” pungkasnya

Sebanyak 195 pelanggar saat ini didata dan dihimbau di halaman Mapolresta Sidoarjo lama. Tepatnya di jalan Kartini Sidoarjo. Sementara masing-masing orang tua juga dipanggil untuk mengetahui perbuatan kurang terpuji anaknya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan pembalap liar diamankan Satsabhara Polresta Sidoarjo saat akan beraksi balap liar di eks tol Jabon, Sidoarjo. Tak hanya muda-mudi yang bandel, ratusan sepeda motor mereka pun diangkut ke Polresta Sidoarjo.

Sebelumnya, petugas menunggu pembalap berkumpul. Satu per satu pemuda muncul. Ketika hendak beradu cepat, polisi meringkus pembalap.

Kasat Sabhara AKP Roy Aquary Prawirosastro menjelaskan, arena yang menjadi “sirkuit” adu cepat itu kerab mengganggu pengguna jalan lain yang akan melintas.

Dari laporan itu, petugas memantau kondisi disana. Hasilnya, lebih dari seratus pemuda diamankan.

“Petugas langsung mengamankan ratusan pembalap liar,” pungkasnya. KBID-TUR

Related posts

Awasi WNA, Sidoarjo Bentuk Tim Pora Tingkat Kecamatan

RedaksiKBID

Pj Bupati Bojonegoro Tekankan Sinergi Antar Bidang Dalam Penetapan RDTR

DJUPRIANTO

Pimpin Upacara Bendera, Kapendam V/Brawijaya Tekankan Pentingnya Rasa Cinta Tanah Air

RedaksiKBID