KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Dinilai Rugi Terus, PD Pasar Surya Diminta Melelang Sejumlah Pasar Agar Raih Keuntungan

PD Pasar
Buchori Imron.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – DPRD Kota Surabaya mendorong pemkot agar mendesak PD Pasar Surya untuk secepatnya melelang pasar-pasar yang dikelolanya. Sebab, BUMD pemkot itu terus menerus rugi.

Hal ini disampaikan
anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Buchori Imron. Menurut dia, dari sekitar 8 BUMD yang dimiliki Pemkot Surabaya, hanya PDAM yang bisa meraup untung. BUMD lainnya, termasuk PD Pasar Surya tidak pernah profit atau untung.

Kondisi ini tak pelak membuat politisi senior PPP ini merasa heran dan prihatin. Pasar yang seharusnya menjadi pusat pencetak uang karena di situ banyak transaksi jual beli, justru dalam pengelolaannya malah merugi terus menerus.

“Kami sarankan kepada PD Pasar Surya agar pasar- pasar yang punya potensi dilelang. Dengan dikelola secara profesional oleh pihak ketiga atau investor diharapkan PD Pasar Surya bisa untung. Jika PD Pasar Surya untung, maka Pemkot Surabaya juga untung, sehingga tidak pusing memikirkan kinerja pasar saja,”ujar dia, Rabu (14/10/2021).

Lebih jauh, Buchori Imron menuturkan, di Surabaya ada 60 pasar yang aktif, tapi kenapa untuk bayar pajak saja PD Pasar Surya hutangnya mencapai Rp 20 miliar. Ini untuk urusan pajak saja. Belum lagi urusan sampah, DKRTH Kota Surabaya untuk membuang sampah saja dianggarkan Rp170 miliar setiap tahun, termasuk sampah pasar.

Mestinya, kata Buchori Imron, biaya buang sampah pasar tidak perlu dibantu DKRTH, cukup PD Pasar Surya saja.

“Khusus BUMD yang satu ini perlu perhatian serius dari Pemkot Surabaya, jika perlu pasar-pasar yang ada dilelang saja,”tegas dia yabg juga Ketua DPC PPP Kota Surabaya ini.

Dia membeberkan, pasar yang akan dilelang sistemnya adalah dikelola pihak ketiga dengan jangka waktu 2, 3, atau 4 tahun. Jadi seperti kontrak. Ketika sudah dilelang logikanya pasar-pasar yang ada akan untung karena dikelola orang yang profesional dan kredibel.

“Saya yakin jika pasar-pasar dikelola oleh orang yang paham betul soal perpasaran, pasti PD Pasar Surya akan profit. Berbeda dengan orang yang tidak paham, maka ya akan rugi terus, “tutur dia.

Dia menambahkan,pasar-pasar itu tidak dijual, tapi pengelolaannya yang dilelang agar menghasilkan keuntungan. Misalnya Pasar Kapasan, Pasar Krampung, Pasar Wonokromo, Pasar Tunjunga n dan lain-lain, itu pasti banyak investor yang melirik. Jadi sebaiknya dilelang saja. Jika dikelola pengusaha, sudah pasti pasar akan meraih keuntungan luar biasa.

“Saya berharap Pemkot Surabaya segera mencari solusi dari problem kinerja PD Pasar Surya, jangan dipaksakan dikelola oleh orang yang tidak profesional, ini sangat mengenaskan,”pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Tak Kirim Kontingen di HUT Tiga Elemen, Khofifah Sentil Pemkot Surabaya

RedaksiKBID

Dukung MA-Mujiaman, Persada PKS Gelar Flashmob di Tengah Guyuran Hujan

RedaksiKBID

Sidoarjo Sambut Positif PSBB, Risma Langsung Tinggalkan Grahadi

RedaksiKBID