KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Gandeng Bakesbangpol Sosialisasi Pemilu 2024, KPU Surabaya Ajak Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih

 

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi bersama Bakesbangpol Pemkot Surabaya melakukan sosialisasi Pemilu 2024 di SMK Katolik St.Louis 1 Surabaya dan mengajak siswa menggunakan hak pilih. @KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya terus bergerak melakukan pendidikan pemilih guna peningkatan partisipasi masyarakat.

Kali ini bersama Bakesbangpol Pemkot Surabaya, melakukan sosialisasi segmen pemilih pemula di SMA Katolik St. Louis 1 Jalan Polisi Istimewa Surabaya.

Di hadapan ratusan siswa, KPU Kota Surabaya mengajak untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu yang akan diselenggarakan Rabu, 14 Februari 2024. Salah satu bentuk partisipasi aktif, bagi siswa yang masuk kategori pemilih pemula yakni datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk menggunakan hak pilihnya.

“Ayo, nanti pada 14 Februari 2024, tepatnya hari Rabu datang ke TPS. Gunakan hak pilih adik-adik semua sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pemilih pemula,” ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kota Surabaya, Subairi, Jumat (3/3/2023).

Pria yang akrab dipanggil Bairi ini menjelaskan, pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya. Pemilih sendiri adalah warga Negara Indonesia (WNI) yang genap berusia 17 tahun. Bagi siswa yang sudah memasuki usia 17 tahun diminta untuk segera mengurus KTP elektronik.

Selanjutnya, para siswa bisa mendaftarkan diri jadi pemilih agar bisa masuk dalam daftar pemilih tetap. Dengan sudah terdaftar jadi pemilih, tentunya nanti bisa berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak pilih.

“Silakan datang ke TPS, mau milih siapa saja terserah masing-masing pemilih. Tapi jadilah pemilih yang cerdas dan faham visi misi para calon,”ungkap dia.

Bairi menambahkan, siswa yang sudah memasuki pemilih pemula, juga bisa memberi kontribusi aktif menyukseskan Pemilu 2024. Setidaknya dengan cara mengajak pemilih pemula yang lain, termasuk lingkungan keluarga dan tetangga terdekat untuk juga datang ke TPS.

“Penting dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, dengan melibatkan pemilih-pemilih untuk sosialisasi, guna suksesnya Pemilu 2024,” terang dia.

Sementara itu, perwakilan Bakesbangpol Pemkot Surabaya, Hudaya menambahkan, pihaknya secara inten akan terus menggandeng KPU Kota Surabaya. Dalam rangka sosialisasi ke sekolah-sekolah, guna menyukseskan Pemilu 2024. Kegiatan akan terus berlanjut, dengan terus tersebar di beberapa titik.

“Ada puluhan titik sekolah, terutama SMA dan sederajat yang kami kunjungi. Semua dalam rangka sosialisasi Pemilu 2024 agar sukses dan partisipasinya meningkat,” imbuh dia.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK Katolik St. Louis 1 Surabaya, Dra. Sri Wahjoeni Hadi S, mengucapkan terima kasih karena sudah terpilih dan ditempati sebagai lokasi sosialisasi. Ini penting, guna memperkenalkan sejak dini terhadap pentingnya pemilu yang dilaksanakan selama lima tahun sekali.

“Bersyukur karena siswa-siswi kami juga bisa faham terkait Pemilu 2024. Minimal sudah tahu kapan pemilu digelar. Terima kasih KPU dan Bakesbang,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Perobek Bendera Belanda di Hotel Yamato Belum Diungkap, Prof Katjung Maridjan Sepakat Ada Revisi Penulisan Sejarah

RedaksiKBID

Sekap Pemilik Toko, Kawanan Perampok Gondol Uang Rp 38 Juta

RedaksiKBID

Lestarikan Tradisi, Masyarakat Rajungan Kamal Gelar Lomba Perahu Hias

RedaksiKBID