KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Gus Sholah Wafat

KH Salahuddin Wahid.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, bangsa Indonesia kembali kehilangan tokoh karismatik. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Dr. KH.Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah yang juga adik Presiden keempat RI Gus Dur, wafat, Minggu (2/2/2020) malam.

Kabar wafatnya Gus Sholah dibenarkan oleh putranya, Ipang Wahid melalui akun-akun media sosial miliknya.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu,” tulis Irfan Asy’ari Sudirman Wahid.

Dr (HC) Ir H Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah lahir di Jombang, Jawa Timur, 11 September 1942.

Semasa hidup, Gus Sholah dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politikus, dan tokoh pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Gus Sholah pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998.
Salahuddin Wahid juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan KH Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu). Gus Sholah adalah adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari.

Sebelumnya, Gus Solah menjalani perawatan di RS Harapan kita Jakarta, Minggu (2/2/20). Gus Ipang Wahid, salah satu putra Gus Sholah, menuturkan lewat WhatsAap (WA) bahwa ayahandanya dalam keadaan kritis.

Nyai Farida Salahuddin Wahid, istri Gus Sholah, juga menuturkan bahwa suaminya dalam kondisi kritis. Baik Nyai Farida maupun Gus Ipang minta bantuan doa semoga Gus Sholah dianugerahi kesembuhan. WA Nyai Farida dan Gus Ipang itu bahkan menyebar di grup-grup para kiai dan masyarakat luas sebelum disusul pernyataan wafatnya Gus Solah

Sekadar diketahui, Gus Solah menjalani pengobatan di rumah sakit itu sejak Jumat 31 Januari 2020. Informasinya Gus Solah juga sempat menjalani operasi jantung di rumah sakit tersebut.

Jenazah disalatkan di rumah Jl Tendean, Jakarta. Selanjutnya, pada Senin (3/2) pukul 10.00 WIB, jenazah akan dibawa ke Kompleks Ponpes Tebuireng Jombang untuk dimakamkan di Kompleks Pemakaman Ponpes Tebu Ireng. KBID-NAS

Related posts

Pemprov Jatim Raih Indonesia Government Procurement Awards 2020

RedaksiKBID

Debat Terakhir Pilkada Surabaya, Dua Paslon akan Tampil Maksimal

RedaksiKBID

300 Napi Lapas Porong Dapat Pelatihan Ketrampilan

RedaksiKBID