KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Kejar Target Ketersediaan RTH, Pemkot Madiun terus Tambah Taman Kota

Salah satu RTH di Kota Madiun.@KBIDSKY

KAMPUNGBERITA.ID – Pemkot Madiun terus beruapa menambah ketersedian Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sejumlah titik. Hal ini dilakukan untuk memenuhi target 30 persen luas wilayah harus berupa RTH hingga 2030 mendatang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Madiun Sooko DWI Handiarto mengatakan, sampai tahun 2018 baru tersedia sekitar 19 persen.

“Taman kota dan jalur hijau merupakan komponen dari RTH. Untuk itu, kami dan PU akan menargetkan sesuai aturan luas RTH 30 persen. Sekarang sesuai RPJM Kota Madiun RTH sudah 19 persen dari luas wilayah,” ungkap Sooko.

Langkah Sooko untuk mencapai target RTH adalah dengan mengoptimalkan taman kota yang sudah ada, membangun taman baru, dan memperluas jalur hijau.

“Tahun 2019 sudah kita usulkan RTH baru semoga disetujui. Tersebar di beberapa kelurahan, antara lain di Manisrejo, Klegen. Semua itu sesuai dengan usulan dari musrenbang,” tegasnya.

Taman kota yang dibangun memiliki ciri atau tema yang sesuai peruntukan dan sejarahnya. “Konsep taman yang kita bangun seperti Taman Olahraga di Gulun, Taman Sehat di Jalan Banda. Tahun 2018 inI kita bangun Taman Obor di Oro-oro Ombo. Sebab, di sana ada monumen perjuangan,” jelas Sooko.

Untuk pemeliharaan taman di Kota Madiun dengan cara swakelola. Dia berharap masyarakat juga ikut menjaga dan merasa memiliki. KBID-MDN

Related posts

17.543 Rumah di Sidoarjo Teraliri Jaringan Gas

RedaksiKBID

Antisipasi Banjir dan Kekeringan, Pemkot Perbanyak Bangun Bozem

RedaksiKBID

Pascabanjir dan Tanah Longsor, Wisata Pantai di Pacitan belum Normal

RedaksiKBID