KampungBerita.id
Kampung Bisnis Kampung Raya Surabaya Teranyar

Pembangunan Terowongan Penghubung TIJ-KBS, Komisi C: Bisa Jadi Prioritas Seiring Dibukanya Night Zoo

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Rencana Pemkot Surabaya membangun terowongan penghubung antara Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS) segera direalisasikan. Untuk pembangunan terowongan itu dianggarkan Rp 25 miliar dan ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Ini akan menjadi solusi alternatif bagi pengunjung yang parkir di TIJ. Sebenarnya terowongan ini sudah direncanakan sejak 2020 di era Wali Kota Tri Rismaharini dan baru ditindaklanjuti setelah endemi.

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono ketika dikonfirmasi soal rencana pembangunan terowongan sepanjang 150 meter dengan lebar 4 meter itu mengatakan, jika pembangunan underpass atau terowongan bawah tanah yang menghubungkan TIJ dengan KBS sebenarnya sudah diprogramkan sejak Komisi C periode yang lalu. “Ini untuk mengatasi kepadatan atau kemacetan di jalan raya sekaligus menjaga keamanan para pengunjung KBS,”ujar Baktiono, Selasa (11/7/2023).

Dia mengatakan, kalau pembangunan terowongan itu dilaksanakan sesuai perencanaan kemarin, pengunjung diarahkan parkir di TIJ, turun ke bawah jalan lewat terowongan dan langsung ke KBS.

Sehingga, lanjut politisi senior PDI-P ini, tidak menganggu pengguna jalan raya.Terpenting pengunjung KBS bisa aman dan nyaman. “Jadi (terowongan) ini akan menjadi solusi alternatif bagi pengunjung yang parkir di TIJ,” ungkap dia.

Lebih jauh, Baktiono menyatakan, dengan dibukanya Night Zoo di KBS yang dipastikan akan menyedot pengunjung dan menambah keruwetan jalan, tentu pembangunan terowongan ini bisa menjadi prioritas.

Terkait banyaknya utilitas di kawasan tersebut, termasuk rel tidak aktif, apa Pemkot Surabaya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti PT KAI, PDAM, Dinas PU Provinsi Jatim? Baktiono menegaskan, jika koordinasi sudah dilakukan sejak tujuh tahun silam.

Terminal Intermoda Joyoboyo.@KBID-2023.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya,
Tundjung Iswandaru memastikan, proses lelang proyek pembangunan terowongan penghubung TIJ dengan KBS ini masih berjalan.

Targetnya, proses lelang selesai dan pembangunan mulai berjalan Agustus mendatang. “Harapannya Agustus sudah mulai kontrak,” kata dia Senin (10/7/2023).

Pembangunan terowongan sepanjang 150 meter itu hanya memakan waktu selama lima bulan. Jadi, jika semua proses berjalan dengan lancar, terowongan ini akan tuntas pada akhir tahun. “Ya, kita berharap sebelum akhir tahun selesai,” tandas dia.

Perlu diketahui, rencana pembangunan terowongan itu untuk mencegah kemacetan imbas penyeberangan para pengunjung dari parkiran TIJ ke ke KBS. Ke depan, TIJ akan jadi alternatif lain parkir wisatawan.

Pembangunan terowongan ini sudah direncanakan sejak 2020. Proyek ini juga digadang-gadang jadi salah satu pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pemkot Surabaya untuk menggerakkan ekonomi. Pemkot Surabaya mengeluarkan setidaknya Rp 25 miliar untuk pembangunan terowongan tersebut.KBID-BE

Related posts

Bakesbangpol Bojonegoro Gelar Rapat Gabungan, Antisipasi Kerawanan Konflik Sosial

DJUPRIANTO

TPA Randegan Mojokerto jadi Tempat Wisata Edukasi

RedaksiKBID

AKP Oscar Jabat Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo

RedaksiKBID