KampungBerita.id
Headline Matraman

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkot Madiun Gelar Gerebek Maulid

Kirab Gunungan Jaler-Estri sebagai puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Madiun

KAMPUNGBERITA.ID – Gunungan Jaler (laki-laki) dan Estri(perempuan), dikirab. Acara ini sebagai puncak Grebeg Maulid dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah atau Selasa (20/11).
Kirab mengambil rute Masjid Kuno Taman menuju Alun-Alun Kota Madiun. Adapun, Gunungan Jaler berisi sayuran hasil bumi mentah. Sedangkan Gunungan Estri berisi jajanan olahan. Setelah dikirab, dua gunungan tersebut didoakan dan kemudian diperebutkan warga.

Seorang warga Mojorejo, Lastri, mengaku sengaja berangkat pagi untuk ikut berebut gunungan. Lastri percaya, jika berhasil mendapatkan bagian dari gunungan akan mendapatkan berkah dalam kehidupannya.
“Dapat jagung, bakpao juga. Ya senang saja. Ini sama cucu saya. Wong juga baru pertama kali ini saya ikut (rebutan), semoga dapat berkah,” ungkap Lastri.

Kepala Seksi Pembinaan Sejarah, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun Sumiati mengatakan, kirab Gunungan Jaler dan Estri sudah ada sejak delapan tahun silam, tepatnya di tahun 2010 lalu. Upaya tersebut sebagai wujud meneladani ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Jadi ini merupakan wujud keteladanan kita kepada nabi. Tadi juga ada sedekah ya namanya buceng (tumpeng) untuk 30 orang perwakilan masing-masing kelurahan dan kecamatan. Ini merupakan lambang apa yang telah dicontohkan oleh nabi, berdermawan kepada sesama,” kata Sumiati.

Sementara itu, Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto mengungkapkan , kirab gunungan telah dijadikan ikon wisata budaya religi di Kota Madiun. Ke depan, untuk menyemarakkan maulid nabi, pihaknya meminta dinas terkait menggandeng UMKM melaksanakan bazar selama tiga hari di Alun-Alun Kota Madiun.

“Ini sebagai upaya untuk mengingat kembali kepada Nabi Muhammad dengan tuntunannya menjadikan Islam yang kaffah. Baik ucapannya, perilakunya dan tentu saja sifat-sifatnya yang luar biasa,” kata walikota.

Selain kirab dua gunungan masing-masing setinggi 2 meter, serangkaian kegiatan diadakan menyambut Grebeg Maulid. Sebelumnya juga dilaksanakan Madiun Bersalawat melalui parade seribu rebana serta doa bersama. Acara tersebut melibatkan semua OPD dan siswa tingkat SD hingga SLTA di Kota Madiun.KBID-MDN

Related posts

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Mojokerto Perketat Akses Masuk Wilayah

RedaksiKBID

Kepergok Istri Sah, ‘Pelakor’ Diguyur Uang Ratusan Juta Rupiah

RedaksiKBID

Tolak Perda Nomor 7/ 2023, Aliansi Korban Surat Ijo Lontarkan Mosi Tak Percaya kepada DPRD Surabaya

Baud Efendi