KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Pulau Masalembu Krisis Bahan Pangan, Forkopimda Jatim Kirim Bantuan

Forkopimda Jatim kompak mengirim bantuan  ke Pulau Masalembu yang dilanda krisis pangan dampak dari cuaca buruk.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Cuaca ekstrem yang melanda Pulau Masalembu, membuat pulau yang masuk wilayah Kabupaten Sumenep ini mengalami krisis bahan pangan. Hal ini menyita perhatian banyak pihak, tak terkecuali Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Bantuan dari Kodam V/Brawijaya yang dikirim ke pulau tersebut meliputi, puluhan ton beras, gula pasir, ratusan dus mi instant, 10.000 bungkus minyak goreng kemasan 2 kilogram dan ratusan kaleng sarden. Bantuan itu dikirim ke Masalembu dengan KRI Malahayati 362 TNI AL melalui Dermaga Madura Ujung, Koarmada II Surabaya pada Rabu (1/3/2023).

Selain dari Pangdam, bantuan itu juga diberikan oleh Koarmada II dan BPBD Jatim dan beberapa instansi lainnya.

Pelepasan KRI Malahayati 362 TNI AL dilakukan oleh Forkopimda Jatim sebagai bentuk koordinasi dan kolaborasi antar instansi yang berwenang di Jatim.

Dandim 0827/Sumenep, Letkol Czi Donny Pramudiya Mahardi yang hadir pada kegiatan bongkar muat bantuan sembako mengatakan, pengiriman yang logistik ke Pulau Masalembu itu menyita waktu 14 jam.

“Karena cuaca yang tidak bersahabat, kapal pengangkut logistik itu tidak bisa sandar di dermaga Masalembu. Untuk proses penyaluran logistiknya, melalui sarana transfer perahu yang ada di sana. Ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat Pulau Masalembu,” ungkap Dandim.

Penyaluran bantuan itu, kata Dandim, merupakan koordinasi dan kolaborasi semua pihak khususnya TNI-AD, TNI-AL dan Pemprov Jatim. Sinergitas itu sesuai perintah Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono agar TNI dimanapun berada harus bisa membantu kesulitan rakyat.

“Unsur TNI harus mampu, harus bisa membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh rakyat,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Staf Kodam V/Brawijaya, Brigjen TNI Piek Budyakto yang mewakili Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. pada acara pemberangkatan bantuan logistik ke Masalembu menambahkan ada dua personel Babinsa yang telah disiagakan di lokasi kapal. Keberadaan Babinsa itu, nantinya akan membantu proses penyaluran logistik.

“Babinsa itu akan menjaga barang-barang yang akan dikirimkan ke Pulau Masalembu,” kata Kasdam.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi sinergitas semua pihak dalam upaya penyaluran logistik tersebut.
“Semuanya, kami sampaikan terima kasih. Mohon kebersamaan ini adalah bagian dari komitmen Forkopimda Jatim untuk terus memberikan yang terbaik kepada saudara-saudara kita,” kata Khofifah.

Pemberian bantuan berupa logistik yang dilakukan oleh Forkopimda Jatim itu, diinisiasi atau diprakarsai oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf dalam upaya mengatasi kesulitan masyarakat di Pulau Masalembu akibat dampak cuaca buruk yang mengakibatkan pasokan bahan pangan ke pulau tersebut terhambat. KBID-BE

Related posts

Sepatu Kulit Kambing Produk UMKM Sumurwelut Mendunia, Komisi B Dorong Pemkot Bantu Pemasaran dan Permodalan

RedaksiKBID

Pipa PDAM Jebol Kena Tiang Pancang, Warga Terdampak Gugat Kontraktor Rp 5 Miliar

RedaksiKBID

Anggota Komisi A Machmud Tuding Surabaya Tak Bisa Ciptakan Demam Piala Dunia U-17 untuk Warga Kota

Baud Efendi