KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Targetkan Surabaya Bebas Banjir, Pemkot Kebut Normalisasi Sungai Kalimas

Wawali Armuji
Wakil Walikota Surabaya, Armuji meninjau normalisasi Sungai Kalimas, Kamis (12/8).@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Menjelang musim penghujan, Pemkot Surabaya mengebut normalisasi di sepanjang Sungai Kalimas.

“Kami kebut untuk mengantisipasi musim hujan,” kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat meninjau normalisasi Sungai Kalimas, Kamis (12/8/2021).

Menurut Armuji, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau berakhir Oktober 2021. Hal ini perlu diantisipasi Pemkot Surabaya lebih awal dengan melakukan normalisasi saluran air dan Sungai Kalimas.

Untuk itu, lanjut Cak Ji, panggilan Wawali Armuji, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya mengerahkan berbagai alat berat dan dump truk untuk mengangkut sedimen dari dasar sungai Kalimas.

“Ada gundukan sedimen yang nampak sepanjang Sungai Kalimas tepatnya di Jalan Ahmad Jais hingga Taman Ekspresi. Sedimen yang sudah diangkut sekitar 10.000 meter kubik,” jelas dia.

Selain itu, Cak Ji mengimbau warga Surabaya yang menempati pinggir Sungai Kalimas untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini untuk menjaga kebersihan serta mencegah pendangkalan sungai.

“Warga yang tinggal di pinggir sungai jangan buang sampah. Kita saling menjaga. Pemkot bekerja keras untuk mengantisipasi musim hujan,”ungkap dia.

Pada saat peninjauan tersebut, Cak Ji sempat berhenti karena melihat ada alat berat berhenti saat melakukan normalisasi. Cak Ji meminta DPUBMP Surabaya segera mengoperasikan kembali alat berat itu untuk mempercepat pengerukan.

“Kami menargetkan Surabaya bisa bebas banjir dan untuk wilayah yang berpotensi tergenang bisa dilakukan langkah pencegahan sejak dini,”pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Geger, Seorang Istri Meninggal karena Kelamin Suami Kebesaran

RedaksiKBID

Server UNBK Bobol, Kadindik Surabaya Diminta Diberhentikan

RedaksiKBID

Reaktif Covid-19, 49 Warga Rungkut Lor Surabaya Jalani Swab Test

RedaksiKBID