KampungBerita.id
Nasional Surabaya Teranyar

25 Negara Tukar Pengetahuan Kapal Selam dalam APSC

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP dan PangarmatimLaksda TNI Darwanto, SH, MAP meninjau stand-stand Submarine Exhibition

KAMPUNGBERITA.ID – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP, membuka Asia Pacific Submarine Conference (APSC) ke-17  tahun 2017 di Ballroom Hotel Bumi Surabaya. Rabu, (25/10).

Asia Pacific Submarine Conference 2017 dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 27 Oktober.  Sebanyak 25 negara turut serta dalam acara APSC. Diantara peserta delegasi tersebut terdapat perwakilan delegasi negara yang berpangkat perwira tinggi, yaitu delegasi dari USA, Jepang, Perancis, Korea Selatan dan India.

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan bahwa, dalam tiga hari ini akan menjadi kesempatan yang baik tidak hanya untuk saling bertukar pengetahuan profesional tentang kapal selam, tetapi  juga untuk meningkatkan dan mempererat hubungan diantara kita sekalian.

Konferensi ini diselenggarakan untuk mencapai sasaran – sasaran berikut, membina hubungan antar angkatan laut negara-negara peserta terutama dalam hal persaudaraan antar sesama pengawak kapal selam di wilayah Asia Pasifik. Meningkatkan kerja sama dan koordinasi di tingkat operasional dan taktis dalam operasi pencarian dan penyelamatan kapal selam, hal ini sesuai dengan perkembangan peralatan, latihan-latihan, prosedur evakuasi dan keselamatan kapal selam saat ini.

“Konferensi ini berfungsi sebagai kerangka kesepahaman, pengembangan, kesepakatan, kerja sama, dan peningkatan kemampuan dalam hal penyelamatan kapal selam sebagai wujud tindakan kemanusiaan. Asia Pacific Submarine Conference merupakan agenda tahunan dalam rangka menyatukan para perwira kapal selam dari negara-negara Asia Pasifik dan Eropa. Untuk pertama kali APSC diselenggarakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 2011, konferensi ini diadakan sebagai wujud perhatian mendalam terhadap kecelakaan kapal selam yang terjadi di beberapa negara di dunia”, ungkapnya.

Usai sambutan, Kasal didampingi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, SH, MAP dan perwakilan delegasi peserta APSC menandai pembukaan dengan pemukulan gong. Selanjutnya Pimpinan tertinggi TNI AL tersebut meninjau stand-stand Submarine Exhibition 2017 yang diisi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan kapal atas air, kapal selam dll seperti PT.PAL, Kongsberg, PT. Palindo Marine Shipyard, Aselsan, DSM, dan Surya Kirana Almas.

Hadir dalam acara Asia Pacific Submarine Conference 2017 yaitu para Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya, Dirut PT.PAL Bayu Wicaksono, Irarmatim, Asintel Pangarmatim, Asops Pangarmatim, Dansatsel Koarmatim dan para peserta APSC ke-17. KBID-HUM

Related posts

Wali Kota Eri Cahyadi dan Menko PMK Jenguk Korban Tragedi Wahana Wisata Waterpark Kenjeran

RedaksiKBID

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Langsung Pengamanan Pengesahan Warga Baru PSHT Sidoarjo

RedaksiKBID

Pemekaran Dapil Bisa jadi Wacana Liar, Pengamat: Mestinya KPU Keluarkan Kajian Akademik

RedaksiKBID