KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Air Bengawan Solo kembali Mengalir, Petani Lamongan Bahagia

Air mulai mengaliri sungai yang ada di wilayah Bengawan Jero setelah bendungan dibuka.

KAMPUNGBERITA.ID – Sejak seminggu lalu, air dari Bengawan Solo mulai mengalir ke sejumlah sungai dan persawahan di wilayah Bengawan Jero, khususnya di Kecamatan Kalitengah Lamongan.

“Alhamdulilah mas sudah seminggu ini air di sungai Bengawan Solo mengalir di Sungai Lembung Tunjungmekar Kalitengah,” ujar Wahid salah satu petani setempat.

Menurut Wahid, air mengalir itu setelah pintu air di Desa Melik dan Poncol dibuka, setelah sebelumnya ada desakan dari warga khususnya petani, karena saat ini petani lagi menanam padi yang memang butuh air.
“Seminggu lalu memang ada desakan dari warga khususnya petani agar pintu air dibuka, sehingga air bisa mengalir ke sawah-sawah,” akuinya.

Dengan dibukanya air ini, tentu warga Kalitengah khususnya Lembung Tunjukmekar Kalitengah, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini bupati Lamongan, karena sudah membantu mengatasi kelangkaan air yang dibutuhkan petani. “Terima kasih pak bupati sudah membantu petani untuk mendapatkan air,” katanya.

Sebelumnya, di wilayah yang kerap dilanda banjir itu, ada ratusan hektar tanaman padi yang kekurangan air. Padahal saat itu padi yang baru berumur 20 hari itu sangat membutuhkan air, karena cadangan air di sungai sudah habis.

Karena kondisi yang demikian itu, petani mendesak pemerintah daerah ikut turun tangan mengatasi masalah ini, dengan memerintahkan instansi yang berwenang membuka akses air Bengawan Solo.

“Ini Pemkab harus bergerak cepat menyelamatkan tanaman padi milik petani, dengan membuka pintu air di Sluis Kuro, Melik Kecamatan Karangbinangun,” kata Ratno, salah satu petani saat itu.

Dari dua pintu air ini, diharapkan air bisa masuk Bengawan Blawi. Dari Bengawan Blawi ini, air akan merambah ke anak sungai. “Karena kalau sampai tidak mendapat air, bisa bisa sawah tambak kami gagal panen,” kata Ratno lagi.

Kini, para petambak sudah memfungsikan bendungan-bendungan di sungai. Dengan harapan, bila sewaktu-waktu glontoran air datang, bisa ditarik dengan pompa ke anak sungai yang lebih tinggi. KBID-LMG

Related posts

Pesisir Pantai Kenjeran Diterjang Banjir Rob, 6 Perahu Nelayan Rusak

RedaksiKBID

Kejati Bakal Periksa Armuji Terkait Kasus Dugaan Korupsi Gedung DPRD

RedaksiKBID

Daftar ke KPU, Pasangan MA-Mujiaman Ziarahi Makam Sunan Bungkul

RedaksiKBID