KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Bupati Bojonegoro Serahkan Bibit Tembakau Virginia Pada Perwakilan Kelompok Tani

Bupati Bojonegoro
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyerahkan bibit tembakau untuk kelompok tani.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Kabupaten Bojonegoro merupakan penghasil tembakau virginia kualitas terbaik di Indonesia, juga telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. Hijaunya daun tembakau virginia dapat dilihat di antara bulan mei hingga oktober. Keunggulan tembakau virginia yakni dari warna rajangan cerah, rendemen yang tinggi, dan aroma cita rasa yang begitu khas.

Cakrawala pagi berselimutkan kabut menyambut kehadiran Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah bersama sekelompok petani di area pembibitan pematang sawah Desa Drokilo Kec. Kedungadem Sabtu 21/05/2022. Di awal musim tanam ini, Bupati menyerahkan sejumlah bibit tanaman tembakau jenis virginia kepada perwakilan kelompok tani yang terdiri dari Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, Kepohbaru, dan Temayang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Helmi Elisabeth melaporkan, penyerahan bantuan bibit tembakau virginia kepada dulur-dulur petani tembakau ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Bojonegoro untuk meringankan beban petani dalam memperoleh bibit tembakau khususnya jenis virginia.

Luasan area lahan tanaman tembakau di Bojonegoro menurut Helmi kurang lebih seluas 11.000 hektare dengan jenis tembakau terbanyak yaitu virginia seperti yang terdapat di Kec. Kedungadem. Selain jenis virginia, ada juga jenis tembakau jawa yang banyak di tanam petani di wilayah Kecamatan Temayang.

Kemudian, di area pembibitan tembakau virginia Desa Drokilo yang dikembangkan oleh Bapak Hamid tersebut ada sejumlah 618 bedengan dan sebagian kecil ada juga tembakau jenis jawa. Dari jumlah volume benih tembakau yang ditanam seberat 2,5 kg bibit yang bisa mencakup area 750 hektare dapat dimanfaatkan lebih dari 1000 petani, sehingga untuk distribusi akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan umur bibit tembakau. ” program ini tentunya sangat baik karena Bojonegoro dikenal sebagai penghasil tembakau”. Jelasnya.

Dalam kesejukan, Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bpk Hamid yang telah menginisiasi dan telah membantu Pemkab Bojonegoro atas pembibitan tembakau jenis jawa maupun virginia yang nantinya diperbantukan kepada dulur-dulur tani di Bojonegoro.

Program pembibitan dan penyerahan bantuan bibit tembakau ini sudah yang kedua kalinya, di tahun 2021 kemarin Pemkab Bojonegoro juga telah menyalurkan bibit tembakau jenis jawa kepada petani di Kecamatan Temayang, dan alhamdulillah munuai hasil yang memuaskan. Pemkab Bojonegoro akan selalu memberikan yang terbaik kepada dulur-dulur tani, “tetap selalu bersyukur dan semoga mendapatkan keberkahan”, tutup Anna Mu’awanah.KBID-JUP

Related posts

Peringatan HPN 2021, Gubernur Khofifah: Industri Pers Harus Berjalan Sehat dan Terlindungi

RedaksiKBID

Panen Raya di Lamongan, SBY Serap Aspirasi Petani

RedaksiKBID

RAPBD Surabaya 2024 Terkoreksi Jadi Rp10,8 T, DPRD Dorong OPD Lebih Kreatif Gali Sumber Pendapatan

RedaksiKBID