Cegah Penularan Covid-19, DPRD Surabaya Gelar Tes Swab Massal

Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono saat melakukan tes swab.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – DPRD Surabaya menggelar tes swab massal yang diperutukan bagi semua elaman yang ada di gedung DPRD Surabaya Jl Yos Sudarso, Selasa (6/10). Tes swab diperuntukan bagi para anggota dewan, ASN, outshorching, Pamdal, dan juga para jurnalis yang sehari-hari melakukan liputan di lingkungan tersebut.

Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono mengatakan, tes swab digelar tiga hari mulai Sabtu (3/10) hingga Selasa (6/10).

Menurutnya, tes swab diperlukan guna melakukan tindak preventif. ”Melakukan testing dan melakukan tracing. Gedung DPRD ini kan tempat orang datang dan bertemu dari berbagai pelosok wilayah di Surabaya setiap hari, sehingga potensi terpapar juga sangat tingg,” ungkap Adi.

“Pekerjaan anggota dewan adalah salah satunya bertemu dengan masyarakat di luar gedung DPRD maupun di dalam gedung DPRD. Kalau kita bisa mendeteksi secara dini, akan lebih baik untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19,” lanjut Adi.

Adi menegaskan jika pihaknya beserta pimpinan dan anggota DPRD Kota Surabaya sudah mengikuti tes swab pada Senin (5/10) kemarin. Namun bagi yang sudah mengikuti tes swab secara pribadi tidak diharuskan mengikuti tes swab.

“Misalkan kalau ada (yang positif), tentu akan kita rawat, kita berikan perawatan terbaik koordinasi dengan gugus tugas Kota Surabaya,” ujar Adi.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini mengaku sudah tiga kali mengikuti tes swab. Menurutnya tes swab penting untuk mengetahui kondisi kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini.

“Saya sudah swab hari Senin jam 13.00 WIB. Ini yang ketiga. Tidak masalah (berulang-ulang swab), karena untuk memastikan diri kita sehat atau tidak,” katga dia. KBID-DJI