KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Surabaya Teranyar

Dampak PPDB Kurang Sempurna Jangan Ada Anak Surabaya Putus Sekolah

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Warga Surabaya, khususnya dari keluarga miskin (gamis) menginginkan beban pendidikan untuk anaknya gratis. Maka sebagai bagian dari pelaksanaan UUD 1945 pasal 31, Pemkot Surabaya dalam hal ini harus memastikan semua warganya mendapatkan pendidikan dasar-menengah, tidak terkecuali bagi keluarga miskin.

Hal ini dikatakan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo, terkait terbatasnya kuota dalam evaluasi PPDB 2023.Terutama siswa dari keluarga miskin yang tidak masuk jalur afirmasi dan prestasi lantaran terbatasnya kuota.

Ditambah lagi tidak bisa masuk melalui jalur zonasi karena rumahnya tidak termasuk dalam zona diterimanya sekolah.

“Serta tidak mampu ke sekolah swasta karena biaya. Ini harus dicarikan solusinya. Bahkan solusi kejar paket,” kata Cahyo ketika dikonfirmasi, Jumat (4/8/2023).

Menurut Cahyo yang juga anggota Komisi D DPRD Surabaya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya memiliki data dan informasi terkait jumlah kuota calon peserta didik di tiap tahun PPDB. Seharusnya dapat mengantisipasi permasalahan yang timbul di tiap tahun ajaran baru.

“Terutama calon peserta didik SMP, karena data dan informasi tersebut dapat dianalisa dan kemudian diantisipasi, untuk meminimalkan calon peserta didik baru yang mengalami kendala dalam mendapatkan sekolah,” tegas Cahyo.

Dia menekankan, jangan sampai dampak dari proses PPDB yang kurang sempurna ini dapat berimbas semakin banyaknya anak putus sekolah di kota Surabaya.

Mengingat, dari hasil rapat evaluasi kemarin bersama Komisi D ada data jumlah 4.628 calon peserta didik yang belum mendaftarkan ke sekolah menengah pertama.

“Sekali lagi kami tekankan. Jangan sampai dampak dari PPDB yang kurang sempurna ini ada anak Surabaya yang putus sekolah,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Giring Instruksikan DPW PSI Jatim Lakukan Aksi Tanggap Solidaritas Erupsi Semeru

RedaksiKBID

Pimpinan DPRD Surabaya Dorong Penambahan Jumlah Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

RedaksiKBID

Musrembang Surabaya Digelar, Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kemiskinan Jadi Program Prioritas

RedaksiKBID