KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Dua Srikandi Pimpin Tim Pemenangan Gus Ipul-Anas

Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Anas, Hikmah Bafaqih (kiri) berfoto bersama Sekretaris Tim Pemenangan, Sri Untari, sesaat setelah diumumkan.

KAMPUNGBERITA.ID – Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur mesti cemat menentukan tim pemenangan dalam Pilgub Jatim menjelang pembukaan pedaftaran di KPU Jatim. Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdulah Azwar Anas yang sudah mendeklarasikan untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018 menyebut, DPW PKB dan DPD PDIP Jatim sudah mengirim surat sekaligus menunjuk Hikmah Bafaqih sebagai ketua tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas dan Sri Untari sebagai sekretaris Tim Pemenangan di tingkat provinsi.

Setelah terbentuk lengkap, tim pemenangan pasangan koalisi PKB dan PDIP ini nantinya juga diminta segera membentuk tim pemenangan di tingkat kabupaten/kota dalam waktu 2-3 minggu ke depan, sehingga pada akhir Desember ini tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas tingkat provinsi dan kabupaten/kota sudah tuntas

“Tim ini juga akan mengakomodasi manakala ada parpol baru yang ikut bergabung dalam koalisi dan ikut berpartsisipasi dalam proses pemenangan,” ujar Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf saat deklarasi ketua tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas tingkat Provinsi dan rapat bersama dengan tim pemenangan PKB dan PDIP Jatim di Hotel Majapahit Surabaya, Selasa (5/12).

Menurut Gus Ipul, tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas di Pilgub Jatim 2018 sebenarnya ada tiga, yaitu tim gabungan partai dari PKB dan PDIP, kemudian masing-masing internal partai pengususng dan tim relawan yang murni inisiatif dari masyarakat dan dibiayai sendiri masyarakat secara sukarela.

“Kepada relawan saya berharap supaya dalam melakukan segala sesuatu sesuai dengan ketentuan yang ada dan tidak melanggar aturan, lalu sopan santun sesuai adat istiadat yang dimiliki Jatim dan tidak membenani masyarakat (sukarela),”jelas Ketua PBNU ini

Ia juga tidak tahu kenapa PKB menunjuk Hikmah dan Sri Untari sebagai ketua dan sekretaris tim pemenangan karena itu kewenangan atau penugasan dari partai. Tapi saya dengar pertimbangan utamanya adalah berdasarkan kapasitas, pengalaman dan memiliki jaringan. Tapi yang dipilih pada dasarnya adalah bisa memimpin dengan baik dan memiliki waktu.

“Kami berterima kasih karena mereka berdua yang telah bersedia dan saya percaya serta berbear hati karena keduanya merupakan orang yag tepat memimpin tim pemenangan,” beber Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua tim pemenangan Gus Ipul-Anas, Hikmah Bafaqih mengaku sebelum menerima amanat menjadi ketu tim pemenangan, dirinya sudah mempelajari ketentuan dan aturan di NU maupun Banom NU karena dirinya saat ini masih menjabat sebagai ketua PW Fatayat NU Jatim.

“Setelah turun SK penugasan dari masing-masing partai, saya akan segera mengajukan cuti dari ketua PW Fatayat NU Jatim sampai waktu penugasan menjadi ketua tim kampanye pasangan Gus Ipul-Anas di Pilgub Jatim. Itu tidak ada larangan dan aturan yang dilanggar,” tegas Hikmah Bafaqih.

Bahkan sebelum menerima mandat tersebut, mantan anggota DPRD Kabupaten Malang dari PKB ini juga sudah berkonsultasi dengan PP Fatayat NU maupun PBNU. “Ada banyak alasan kenapa PKB menunjuk saya. Bukan hanya karena ingin mendapatkan suara dari pemilih perempuan atau karena kompetitornya Cagub dari perempuan, tapi ada banyak kebutuhan yang bisa dijawab. Ini sesuai pertimbangan DPP dan DPW PKB Jatim tentunya,” dalih Hikmah.

Tugas utama tim pemenangan adalah menjaga harmoni, sebab mempertemukan dua partai besar di Jatim ini khan pasti ada riak-riaknya. “Ini pertemuan PKB dan PDIP untuk pertama kalinya di Pilgub Jatim karena ada kesamaan tujuan yaitu ingin menjadikan Indonesia menjadi lebih baik dari Jawa Timur,” ungkap istri mantan ketua KPU Jatim .

Senada, Sri Untari sekretaris tim kampanye pasangan Gus Ipul-Anas mengaku tidak mempersoalkan PKB menunjuk Hikmah Bafaqih sebagai ketua tim pemenangan karena dia sudah lama dan mengenal baik saat sama-sama aktif menjadi legislator di Malang. “Saya sama-sama tinggal di Malang dan pernah menjadi ketua kaukus perempuan politik Kota Malang dan Mbak Hikmah menjadi Ketua KPAI Kabupaten Malang sehingga sering melakukan kerjasama empowering perempuan dan masalah-masalah sosial,” pungkas Untari. KBID-DAY

Related posts

Hantam Median Jalan, Mahasiswa Tewas di Sidoarjo

RedaksiKBID

Ditemukan 3 Rutilahu di Dukuh Pakis, Komisi D Dorong Pemkot Tak Hanya Perbaiki Fisik

RedaksiKBID

Sopir Diduga Ngantuk, Truk Gandeng Masuk Sungai dan Tabrak Pipa PDAM

RedaksiKBID