KampungBerita.id
Kampung Bisnis Teranyar

Gandeng Bekraf, Moka Space Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Komunitas

Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat berdialog dengan para pegiat ekonomi kreatif

KAMPUNGBERITA.ID – Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari menandatangani MoU dengan Komunitas Moka di ruang kerja Walikota di Jalan Gajah Mada 145, Kota Mojokerto. Hal ini sebagai upaya Pemerintah Kota Mojokerto untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi diawali dengan mendirikan Mojokerto Akademi Space (Moka Space) dan menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Dalam MoU disebutkan bahwa Pemkot Mojokerto bersama Komunitas Moka sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam bidang pemajuan, pengembangan dan pengelolaan ekonomi kreatif yang berbasis komunitas.

Seusai penandatanganan MoU, Ning Ita menjelaskan bahwa Moka Space adalah sebuah tempat untuk kolaborasi dan sinergi antar seluruh pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Mojokerto.

“Di sana nanti akan ada laboratorium, co working space atau kantor bersama untuk pelaku ekonomi kreatif dan bisa berbagi, di sana nanti juga disiapkan berbagai macam teknologi yang dibutuhkan bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memberdayakan dan mengembangkan jejaring mereka,” jelas Ning Ita.

Ning Ita menambahkan para pelaku ekonomi kreatif nanti bisa mendapatkan permodalan dari Pusyar. “Melalui Pusyar para pelaku ekonomi bisa mendapat modal tanpa bunga, dan nanti pemasarannya akan berkolaborasi dan bersinergi dengan program yang ada di Disperindag yang akan difasilitasi dengan Pemerintah Provinsi,” jelas Ning Ita.

Dalam kesempatan ini juga hadir wakil Deputi Pemasaran dan Hubungan Antar Wilayah Indonesia Creative Citys Network (ICCN), Hafshoh Mubarak.

Hafshoh menyampaikan, melalui ICCN para pelaku ekonomi kreatif bersama-sama dengan kota lainnya satu Indonesia untuk meningkatkan ekonomi kreatif, saling bahu membahu, saling suport, saling membantu.

“Di Kota komunitas dibukakan pintu yang lebar oleh Wali Kota sehingga perkembangan ekonomi kreatif akan lebih cepat karena dari segi akademisnya, bisnis, komunitas, goverment dan medianya sudah ketemu tinggal bagaimana kita berkolaborasi meningkatkan perekonomian kreatif di Kota Mojokerto,” ujar Hafshoh.

Dia menambahkan, bahwa akan lebih baiknya jika mengajak masyarakat untuk merasa memiliki dan menambahkan value, menambahkan kreativitas tanpa melupakan kearifan lokal sehingga Kota Mojokerto tetap mempunyai kebesaran Mojopahit.
Mojokerto Akademi Space (Moka Space) ini akan menempati gedung eks Dispenduk Capil Kota Mojokerto, di Jalan Pekayon Kota Mojokerto. KBID-ARI

Related posts

Bupati Bojonegoro Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala

RedaksiKBID

Komisi IV DPRD Mojokerto Study Banding ke Banjarbaru Bahas Keluarga Berencana dan Kampung Keluarga Berencana

RedaksiKBID

Wawali Whisnu: Pencegahan Corona Jangan Panik, Harus Terencana

RedaksiKBID