Hadapi Persaingan di Tahun 2020, Pemuda Surabaya Perlu Dibekali Kemampuan Wirausaha

H Junaidi.@KBID2018

KAMPUNGBERITA.ID – Di tahun 2020 nanti, Provinsi Jawa Timur diperkirakan akan memiliki bonus demografi yang diperkirakan mencapai lebih dari 60 persen. Untuk itu, DPRD Kota Surabaya meminta agar Pemkot mulai mempersiapkan para pemuda di Kota Pahlawan agar memiliki kemampuan berwirausaha. Tujuanya untuk menghadapi fenomena yang akan terjadi dalam kurun waktu kurang dari dua tahun ini.

“Salah satu caranya bagaimana? Program Pahlawan Ekonomi yang selama ini targetnya para Ibu-Ibu ini harus juga mulai diaplikasikan untuk para pemuda,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Junaedi.

Politisi Demokrat ini mengungkapkan, pembekalan kepada para pemuda ini menjadi penting karena memiliki beberapa alasan khusus. “Salah satunya ya bonus demografi itu. Mereka perlu dipersiapkan untuk itu,” ujarnya.

“Selain itu, para pemuda ini dua-tiga tahun ke depan akan menjadi tulang punggung keluarga. Mereka harus menghidupi keluarga mereka. Jadi, pelatihan untuk bisa merdeka secara ekonomi ini penting,” tambah Junaedi.

Lebih lanjut, pria yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kota Surabaya ini menggarisbawahi jika pandangannya ini bukan berarti Pemkot Surabaya belum memiliki program pengembangan ekonomi bagi para pemuda.

“Pemberian pendampingan itu bisa dilakukan melalui beberapa cara. Salah satunya adalah dengan terus melihat perkembangan jaman dan memberikan bentuk pendampingan yang sesuai,” ujarnya.

“Jangan sampai pelatihan atau pendampingan yang diberikan ini tidak sesuai dengan kondisi jaman. Saat ini perubahan itu cepat sekali. Maka dalam memberikan pendampingan harus diperhatikan,” pungkas Juanedi. KBID-NAK