Jelang Pengumuman Rekom Bacawali-Bacawawali Surabaya, Gus Hans Ziarah ke Makam Kiai Ridlwan

Gus Hans (biru) saat mengunjungi Langgar Dhuwur.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya KH Zahrul Azhar Asumta atau yang akrab disapa Gus Hans┬ámelakukan napak tilas ke beberapa tempat bersejarah di Kota Pahlawan pada hari Selasa (25/8/2020).

Lokasi-lokasi itu diantaranya adalah makam KH Ridlwan Abdullah dan Langgar Dhuwur Kayu di daerah Lawang Seketeng.

Ditemui di sela-sela kegiatannya, Gus Hans mengungkapkan jika hal ini Ia lakukan untuk menjaga kelestarian budaya di Kota Surabaya. “Agar identitas Kota Surabaya ini tidak hilang,” ujarnya.

“Almarhum Kyai Ridlwan misalnya. Ini kan sentuhan seni Beliau luar biasa. Artinya, masyarakat Surabaya ini masih butuh sentuhan sentuhan seni yang indah. Akan sayang sekali jika hal ini diabaikan oleh Pemkot Surabaya,” tambah Gus Hans.

Terkait Langgar Dhuwur Kayu di Lawang Seketeng, Gus Hans melihat jika histori panjang berada di sana. “Ini kan tempat ngajinya Proklamator Kemerdekaan RI yaitu Bung Karno,” bebernya.

“Di tempat ini, Beliau belajar hingga menjadi tokoh nasional dan bahkan internasional. Perlu perhatian yang lebih lebih dan dikenalkan ke generasi-generasi muda,” pungkas Gus Hans.

Dalam napak tilas yang dilakukan kali ini, Gus Hans tidak sendirian. Ia turut didampingi oleh beberapa kelompok. Diantaranya adalah relawan Jokowi BaraJP, Komunitas Kopyah Ireng, dan Relawan Gus Hans. Nampak pula PAC PDIP Genteng mendampingi.

Untuk diketahui, dalam proses pencalonannya sebagai Bacawawali, Gus Hans yang merupakan Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur melakukan pendaftaran ke PDIP. Santer disebut pula, saat ini peluang Gus Hans untuk mendapatkan rekom partai berlogo moncong banteng ini menguat. KBID-DJI