KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Teranyar

Kepala BNPB dan Gubernur Jatim Tinjau Penanganan Erupsi Gunung Semeru

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peninjauan.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau langsung penanganan erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (3/12).

Hadir dalam peninjauan antara lain, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, dan Bupati Lumajang, M. Toriq, serta didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jatim sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD), Heru Tjahjono.

Berada di Pos Pantau PVMBG (Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi) Semeru, Khofifah ingin mendapatkan update secara langsung proses penanganan, saat terjadi erupsi, dan sampai dengan saat ini.

“Pertama bahwa, ini harus termitigasi secara lebih detail. Mitigasi terhadap resiko bencana, ini harus diinventarisasi secara detail,” ujarnya.

Kunjungannya ini, sekaligus untuk mengkonfirmasi perihal apa saja yang sedang dibutuhkan dalam mitigasi erupsi Semeru ini, khususnya untuk penguatan Tim PVMBG di pos pantau ini.

“Yang kedua, antisipasi antisipasi secara teknis dan strategis. Misalnya kelengkapan dari earlywarning sistem,” ta,bahnya.

Khofifah berharap, teman teman orari disini, bisa memberikan penguatan pada proses diseminasi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tentunya, melalui radio radio komunitas yang memungkinkan bisa memberikan percepatan informasi.

“Kemudian berikutnya adalah, di titik titik yang memang terkonfirmasi kemungkinan ini beresiko memang harus dilakukan evakuasi sesegera mungkin,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Doni ingin memastikan bahwa pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dapat dilakukan secara maksimal. Mengingat yang sedang dihadapi tidak hanya bencana alam saja, akan tetapi juga bencana non alam berupa pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, Doni yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta agar manajemen penanganan, baik untuk erupsi Semeru maupun penanganan pengungsian dapat terlaksana dengan baik.

“Manajemen untuk penanganan di pengungsian harus betul-betul terlaksana dengan baik,” ujar Doni melalui keterangan tertulis.

Selain itu, di hadapan para pejabat pemangku kebijakan di daerah yang turut dalam rombongan, Doni juga menyampaikan pesan dan arahan dari Presiden Joko Widodo dalam kaitannya penanganan bencana bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi.

“Memastikan bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi,” jelas Doni. KBID-DAY

Related posts

Dewan Bakal Surabaya Intervensi APBD untuk Bantuan SMA/SMK, Risma Pilih Bersikap Hati-hati

RedaksiKBID

Terancam PHK Massal, Ratusan Pekerja PT IKSG Gelar Aksi Mogok Kerja

KBIDTuban

Bakamla Ingatkan Laut Indonesia Jadi Jalur Strategis Penyelundupan Narkoba

RedaksiKBID