KampungBerita.id
Kampung Bisnis Teranyar

Komisi B DPRD Surabaya Persilakan Pemkot Pilih Sekema Pembiayaan untuk Revitalisasi Pasar Tunjungan

DPRD Surabaya
Ketua Komisi B, Lutfiyah (tengah) dan anggota Komisi B saat membahas Pasar Tunjungan.@KBID2023

KAMPUNGBERITA ID – Ketua Komisi B DPRD Surabaya Luthfiyah mengatakan, pihaknya telah lama memperjuangkan revitalisasi Pasar Tunjungan. Apalagi Perkumpulan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) menilai Pasar Tunjungan sudah tidak layak dan perlu direvitalisasi. “Revitalisasi Pasar Tunjungan ini sudah lama kami perjuangkan dan mudah mudahan bisa direalisasi. Bahkan, semua pasar yang mangkrak dan tidak layak ditempati,” kata Lutfiyah.

Namun hal itu ternyata tak pernah direalisasikan PD Pasar Surya (PDPS), selalu pengelola pasar dengan alasan anggaran. “Kami sudah memberikan solusi.Kalau tidak ada uang bisa cari investor yang baik dan bisa saling menguntungkan. Sehingga nantinya semua pasar ini menjadi perputaran uang besar dan menjadikan ekonomi Surabaya berkembang dan maju, ” ungkap dia.

Politisi Gerindra ini mengaku miris melihat aset besar yang punya potensi meraup ekonomi besar bagi pendapatan asli daerah (PAD) justru tidak terawat. Pasar terlihat kumuh, penerangan minim, atap-atap rusak dan berjatuhan tampak tak layak untuk digunakan.

Anggota Komisi B lainnya, Alfian Limardi mengatakan, sebenarnya ada beberapa skema pembiayaan yang bisa diupayakan Pemkot Surabaya. Pertama meminta anggaran ke Pemerintah Pusat seperti Pasar Badung (Bali) yang menggunakan anggaran APBN.

Kedua menjalin kerja sama dengan pihak swasta, seperti Pasar Bendungan Hilir (Benhil) Jakarta Pusat yang berkonsep modern dan pembiayaannya dari swasta. ”Ya sekarang tinggal Pemkot Surabaya dan PD Pasar Surya mau mengarahkan Pasar Tunjungan ini kemana? “ungkap dia.

Sebab, lanjut politisi PSI ini, kalau anggaran revitalisasi Pasar Tunjungan dimasukkan APBD Kota Surabaya, maka Pemkot Surabaya harus ada penyertaan modal. Jadi, tak bisa langsung karena Pasar Tunjungan ini dikelola perusahaan daerah, yakni PD Pasar Surya.

Lebih jauh, dia menuturkan, jika Pasar Tunjungan ini ditawarkan ke swasta dengan istilahnya win-win solution tentu akan banyak investor yang berminat. Tidak hanya investor lokal Surabaya, tapi juga investor nasional dari Jakarta, bahkan investor internasional akan banyak yang meliriknya. Karena posisi Pasar Tunjungan ini sangat strategis dan berada di pusat kota.

Untuk merevitalisasi Pasar Tunjungan, Alfian menegaskan, jika melihat kondisinya yang sudah tak layak ditempati, tentu anggarannya bisa triliunan. “Kalau saya pribadi punya impian, Pasar Tunjungan mengarah seperti Pasar Benhil, ada huniannya di atas. Entah itu dibuat apartemen bersubsidi seperti rusunawa dengan model apartemen. Ini akan sangat membantu masyarakat Surabaya , apalagi antrean untuk mendapatkan rusunawa sekitar 11 ribuan, ” jelas dia.

Sementara PD Pasar Surya siap merevitalisasi empat pasar di Surabaya mulai 2023 ini.

Direktur Teknik dan Usaha PDPS Suhendro, Senin (20/3/2023) mengatakan, soal revitalisasi pasar, pihaknya terus berkomunikasi dengan pemkot dan saat ini masih dalam proses perencanaan. “Mudah- mudahan tahun ini kami bisa melakukan perbaikan pasar secara bertahap,” kata dia. Menurut dia, ada 67 pasar yang dikelola PD Pasar Surya akan direvitalisasi. Namun, penyertaan modal yang diberikan Pemkot Surabaya ke PD Pasar Surya hanya Rp 9,9 miliar, sehingga revitalisasi baru dilakukan untuk empat pasar dahulu. KBID-PAR

 

 

Related posts

DPW Teruskan Mosi Tidak Percaya 26 DPC NasDem se-Surabaya ke DPP

RedaksiKBID

Pengurus Baru PAC se-Surabaya Ditetapkan, PDI-P Siap Bikin Hattrick di Pemilu 2024

RedaksiKBID

Tiga Point ini Buat Wali Kota Mojokerto Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

RedaksiKBID