KPU Surabaya Gelar Lomba Mural Pilwali 2020

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Turcham, ketua dewan juri Wahyu Widodo saat technical meeting lomba mural.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – KPU Kota Surabaya menggelar Technical Meeting (TM) lomba mural Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tahun 2020, Jumat (2/10).

Bertempat Graha Swara lantai 3 Kantor KPU Kota Surabaya, TM dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Turcham, ketua dewan juri Wahyu Widodo, PPK, dan 68 peserta lomba mural.

Acara dibuka dengan sambutan dari Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Turcham dan dilanjutkan dengan pengarahan dari ketua dewan juri Wahyu Widodo.

Dalam sambutannya, Agus Turcham mengatakan,persiapan teknis jelang pelaksanaan lomba telah mencapai 90 persen. sehingga nantinya para peserta dapat langsung melakukan aktivitas mural di tempat yang telah disediakan KPU Kota Surabaya bersama PPK di tujuh lokasi.

“Adalah suatu kebanggaan bagi KPU Kota surabaya bapak ibu peserta dapat hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan yang akan kamilakukan,” jelasnya.

Agus Turcham juga meminta PPK dan peserta dalam melaksanakan kegiatannya tetap menjaga keamanan dan kebersihan lokasi mural dengan dibantu PPK. Selain itu Agus Turcham juga meminta selama kegiatan lomba para peserta juga tetap mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19.

Pasca sambutan, TM kemudian dilanjutkan dengan pengarahan lomba dari Ketua Dewan Juri Wahyu Widodo. Wahyu menyebut melalui karya mural tingkat partisipasi masyarakat Surabaya dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dapat meningkat.

“Kami dan KPU Kota Surabaya percaya teman-teman seniman nanti akan punya andil yang sangat besar lewat karya-karya anda nanti yang akan dapat langsung dilihat oleh orang yang lalu lalang di jalan dan diharapkan karya anda nanti bisa mengedukasi mereka dan membuat publik tergerak untuk ikut memilih,” jelasnya.

Wahyu lantas menyebut masalah teknis pelaksanaan bagi peserta. Seperti wajib mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan lomba, tidak membuat kerumunan, membawa perlengkapan dan peralatan sendiri, peserta wajib membawa konsumsi sendiri, wajib menjaga kebersihan lokasi, karya peserta wajib mematuhi tema yang telah ditentukan, dan kriteria penilaian

Adapun empat tema yang ditetapkan. yakni ‘Ayo memilih Wali Kota Surabaya’, ‘Kampanye cerdas jauhi sara’, ‘Pemilih sehat taat protokol kesehatan, dan terakhir ‘Tolak politik uang’.

Untuk diketahui, pelaksanaan lomba mural akan dimulai pada hari Sabtu tanggal 3 Oktober tahun 2020 di tujuh lokasi. Yakni di Kecamatan Rungkut, Lakarsantri, Asemrowo, Sawahan, Gunung Anyar, Krembangan, dan Jambangan. KBID-DJI