KampungBerita.id
Surabaya

Kunjungi DPRD Surabaya, Ratusan Siswa SD Diajak Ketua Dewan Gelar ‘Sidang Paripurna’

Ratusan siswa SD Kendangsari berfoto bersama usai menggelar ‘Sidang Paripurna’ di DPRD Surabaya

KAMPUNGBERITA.ID – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Kendangsari Surabaya berkunjung ke Gedung DPRD Surabaya, Jl Yos Sudarso, Senin (30/4). Mereka diajak melakukan kegiatan luar sekolah dengan mengenal lebih dekat gedung para wakil rakyat tersebut.

Sri Marningsih, Wakil Kepala SDN Kendangsari 1 Surabaya mengatakan, ada sebanyak sebanyak 117 siswa SDN Kendangsari 1 Surabaya melakukan kunjungan ke gedung dewan tersebut.

“Kami ajak siswa kelas V SD agar lebih dekat dan detail mengenai kantor DPRD dan tahu tugasnya wakil rakyat,” kata Sri Marningsih.

Sementara Ketua DPRD Surabaya, Ir Armuji bersama Anggota Komisi D Diah Katarina yang menyambut kedatangan ratusan siswa SD tersebut mengaku cukup bangga dengan semangat anak-anak yang ingin mengenal lebih dekat para wakil rakyat mereka dalam bekerja.

Untuk itu, Armuji mengajak para siswa menggelar rapat layaknya sidang paripurna. Praktis, kursi yang biasa diduduki para anggota dewan kini berganti diduduki ratusan siswa SD.

“Salah satu tugas anggota DPRD adalah menggelar sidang di gedung ini seperti adik-adik semua lakukan ini. Sidang dengan agenda penerimaan kunjungan outing class ini kami buka,” kata Armuji menyambut ratusan siswa SD.

Selain menyambut antusias mereka, Armuji, juga memimpin sidang tersebut sambil memberi penjelasan.

Selama satu jam ‘sidang paripurna’ bersama ratusan siswa itu berlangsung, para siswa antusias dan memperhatikan setiap penjelasan Ketua DPRD Surabaya.

Dalam sidang tersebut, Armuji dan Diah Katarina menjelaskan mengenai Pancasila dan nilai keberagaman. Semua disampaikan dengan ringan dan renyah.

“Mari kita isi sidang dan pertemuan ini dengan bedekan ya. Saya tes terkait pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Yang berani menjawab dapat hadiah,” katanya disambut antusias siswa.

Di sisi lain, siswa-siswa SD terlihat cukup percaya diri. Mereka praktik mengutarakan pendapat dan bertanya kepada Ketua DPRD.

Para siswa juga diajari bagaimana mengoperasikan michrophone yang biasa digunakan para wakil rakyat itu dalam mengutarakan pendapatnya.

Baik Armuji dan Diah bahkan terkesan dengan keberanian siswa yang menanyakan fenomena banyaknya orang yang berebut menjadi anggota DPRD. Bahkan, mereka memberi gambaran ada yang sampai nekat melepas status PNS demi menjadi Anggota DPRD. Bagaimana pula agar bisa menjdi anggota DPRD dan ketua DPRD.

Mendengar pertanyaan ini, Armuji menjelaskannya secara gamblang. “Bagus sekali pertanyaannya. Berani dan hebat,” puji Armuji.

Tak hanya bertanya standar mengenai tugas-wewenang DPRD. Bahkan mengenai kesejahteraan warga juga mereka tanyakan. Juga masalah banyaknya sampah menumpuk hingga kesejahteraan masyarakat. Armuji pun memberikan apresiasi kepada yang berani tampil.

Dia juga menyampaikan, DPRD terbuka untuk siapapun. Dari golongan manapun dan siapa pun bisa berkunjung ke DPRD. ”Kantor wakil rakyat itu terbuka untuk semua warga Surabaya,” katanya.(*)

Related posts

Dorong Investasi Lebih Laju, RTRW Kota Mojokerto Direvisi

RedaksiKBID

Sambangi Ruang Kerja Wawali, Kartar Surabaya Paparkan Program Kerja

RedaksiKBID

Tjutjuk Supariono Siap Bantu Sosialisasikan Program JKS ke Warga Jagir Wonokromo

RedaksiKBID