KampungBerita.id
Peristiwa Tapal Kuda Teranyar

Makan Nasi Soto, Puluhan Warga Asembagus Keracunan

Sejumlah warga menunggui kerabatnya dalam perawatan usai keracunan makanan

KAMPUNGBERITA.ID – Puluhan warga satu RT di Desa Awar-Awar, Kabupaten Situbondo keracunan setelah mengonsumsi soto ayam usai mengikuti pengajian rutin di rumah salah satu warga desa setempat.

Kapolsek Asembagus, AKP Hariyono mengatakan, keracunan massal terjadi pada Senin (25/2) malam di RT 02/ RW 02 Dusun Kampung Barat, Desa Awar-Awar, Kecamatan Asembagus.

”Ada sekitar 40 warga satu RT yang mengeluh pusing, mual dan muntah,” kata Kapolsek Asembagus, AKP Hariyono.

Peristiwa keracunan massal laki-laki dan perempuan satu RT itu bermula saat warga setempat menyantap suguhan nasi soto usai mengikuti pengajian rutin RT di rumah Mustofa, namun setelah sekitar 20 menit mengonsumsi nasi soto, warga pusing dan mual.

Mendapatkan informasi itu, katanya, petugas puskesmas dan kepolisian sektor  setempat ke lokasi dan memberikan pertolongan medis awal dengan memberikan infus dan obat-obatan menetralkan racun yang masuk dalam tubuh korban.

“Dari puluhan warga yang diduga keracunan makanan soto itu, ada 11 orang yang dirujuk ke RSUD Asembagus dan Puskesmas Asembagus, namun pagi ini semuanya sudah bisa pulang dan rawat jalan,” ujarnya.

Kapolsek Hariyono menambahkan, untuk memastikan penyebab keracunan massal itu, petugas kesehatan mengamankan sampel nasi soto dan muntahan dari korban keracunan dan akan dilakukan uji laboratorium.

”Sampel makanan sotonya sudah diamankan dan diuji laboratorium hari ini, sedangkan warga yang menjadi korban keracunan saat ini sebagian besar sudah mulai pulih,” tuturnya. KBID-STB

Related posts

PDI-P Belum Munculkan Calon untuk Pilwali Surabaya, AH Thony: Mungkin Ini Bagian dari Strategi

RedaksiKBID

DPRD Bojonegoro Gelar Rapat Paripurna pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2022

RedaksiKBID

Pemkab Bojonegoro Salurkan Bantuan KRS Tahun 2023

RedaksiKBID