KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Pemkab Bojonegoro Tetapkan 739 Mahasiswa yang Memenuhi Kriteria Beasiswa Prestasi

KAMPUNGBERITA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pendidikan mengumumkan sebanyak 739 mahasiswa lolos dan memenuhi kriteria Beasiswa Prestasi. Beasiswa itu meliputi Beasiswa Scientist dan Beasiswa 10 Sarjana per Desa tahap I tahun 2023.

Sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro, Suyanto menjelaskan dari hasil verifikasi tim, ada 739 mahasiswa yang  memenuhi syarat. Ada dua jenis beasiswa prestasi, untuk saat ini jumlah pemohonnya untuk beasiswa prestasi scientist sebanyak 122 orang pemohon dan 105 orang dinyatakan lolos sesuai kriteria. Sedangkan untuk beasiswa 10 Sarjana per Desa terdapat 794 orang pemohon dan 634 pemohon dinyatakan lolos.

“Jadi dari total 916 pemohon, ada 739 mahasiswa yang lolos sesuai kriteria. Dan 177 mahasiswa lainya tidak memenuhi kriteria. Pemohon yang tidak lolos diantaranya tidak sesuai jurusan, tidak sesuai kriteria kampus dan ada juga yang mengundurkan diri karena sudah mendapat beasiswa lain,” jelasnya.

Dalam melakukan verifikasi ini, juknis tetap dipegang. Bahkan kurva kenaikan peminat makin tinggi, apalagi ada kenaikan kuota yakni 10 Sarjana per Desa dari sebelumnya Dua Sarjana per Desa. Hal ihi, menurut Suyanto, merupakan kebijakan luar biasa dari Bupati Bojonegoro dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Untuk kuotanya sendiri kami tidak membatasi, jika dihitung dari jumlah desa setidaknya ada 4.300 orang penerima beasiswa untuk 10 sarjana per desa, belum lagi untuk beasiswa scientist,” ungkapnya. KBID-JUP

Related posts

Polresta Sidoarjo dan Forkopimda Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Ganja

RedaksiKBID

Komisi C Dorong 50% Anggaran Dinas Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Ajak Ratusan Anak Yatim Buka Puasa Bersama di Gedung Dewan

RedaksiKBID