Penuhi Keinginan Masyarakat, RSMM Beri Layanan Cepat

r. Dyah Wiryastini, MARS@KBID2018

KAMPUNGBERITA.ID – Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) Provinsi Jawa Timur kini membuka pelayanan poli VIP atau eksekutif untuk masyarakat. Poli tersebut buka setiap hari Sabtu pukul 08.00 – 11.00 WIB.

“Banyak masyarakat yang tidak punya waktu di hari kerja sehingga mereka menginginkan pelayanan yang tepat, cepat dan di luar jam dinas,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) RSMM, dr. Dyah Wiryastini, MARS.

Lebih lanjut, dokter murah senyum itu menyampaikan, untuk tarif memang lebih besar dari pelayanan regular. “Tarif reguler sebesar Rp 55 ribu dan tarif VIP sebesar Rp 135,” ungkapnya.

Rata-rata masyarakat yang sibuk, lanjutnya,ingin mendapat pelayanan yang cepat, walaupun harus mengeluarkan tarif agak besar.

“Pasien di VIP ini mendapatkan pelayanan prima dan dokter spesialis senior,” ujarnya.

Adapun tarif Rp 135 ribu merupakan tarif dasar yang meliputi karcis, kartu berobat, pemeriksaan dokter spesialis, pemeriksaan auto refracto dan pemeriksaan non contact tonometri (NCT), tindakan selanjutnya berdasar diagnosa medis pasien dan persetujuan untuk melakukan tindakan medis lebih lanjut.

“Jenis pelayanan poli VIP ini sama seperti pelayanan regular yaitu sub spesialis glaukoma dan retina, poli mata anak, rawat jalan, rawat inap, penunjang medis, bedah mata (katarak SISC dan katarak fakoemulsifikasi), LASIK dan apotik serta Instalasi Gawat Darurat umum dan mata 24 jam,” terang dia.

Sebagai informasi, besaran tarif ini diatur dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Tarif Layanan dan Pemakaian Kekayaan Daerah pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Kerja Dinas Kesehatan Jatim.

“Dibandingkan dengan rumah sakit lainnya, di RSMM ini Pemprov Jatim secara langsung telah mensubsidi, hingga tarifnya terjangkau dengan peralatan yang canggih,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kunjungan poli VIP saat dilaunching per Januari hingga 10 April 2018 sebanyak 146 pasien. “Jika tenaga kesehatan dan SDM sudah siap semua, kami berencana membuka poli VIP tiap hari di luar jam kerja. Mungkin sore hari,” katanya. KBID-NAK