KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Reshufle, Presiden Jokowi Umumkan Enam menteri Baru

Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin saat mengumumkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Presiden Joko Widodo melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12). Ada enam nama menteri baru yang di tempatkan di sejumlah posisi untuk menggantikan menteri sebelumnya.

Didampaingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Jokowi mengumumkan keenamnya di beranda Istana Merdeka, Jakarta.

“Pertama, Tri Rismaharini, dia adalah wali kota Surabaya, dan saat ini ibu Risma akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri sosial,” kata Jokowi di awal keterangan persnya.

Walikota Surabaya dua periode yang masa jabatannya berakhir pada 2021 itu menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi pengadaan bantuan sosial.

Kemudian Sakti Wahyu Trenggono, eks wakil menteri pertahanan, ditunjuk menjadi menteri kelautan dan perikanan (KKP). Ia menggantikan Edhy Prabowo, yang terjerat kasus korupsi ekspor benih lobster.
Sakti Wahyu Trenggono

Selanjutnya Sandiaga Uno, mantan wakil gubernur DKI Jakarta dan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, dipilih menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, menggantikan Wishnutama.
Sandiaga Uno

Presiden juga menunjuk Muhammad Luthfi menjadi menteri perdagangan, menggantikan Agus Suparmanto. Luthfi adalah menteri perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia juga pernah menjabat sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, duta besar Indonesia untuk Jepang, dan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Sementara kursi Menteri Agama diberikan kepada Yaqut Cholil Qoumas, ketua Gerakan Pemuda Ansor yang menggantikan Fachrul Razi.

Sedangkan untuk Menteri Kesehatan, Presiden menunjuk Budi Gunadi Sadikin menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi adalah mantan dirut Bank Mandiri dan PT Asan Alumunium. Terakhir, ia menjabat sebagai wakil menteri BUMN.

Keenam menteri tersebut selanjutnya dilantik Rabu (21/12). KBID-NAK

Related posts

Relawan Gus Eri Antar Pasangan Eri Cahyadi – Armuji Daftar ke KPU Surabaya

RedaksiKBID

Kurir Narkoba Menganti Ditangkap Polres Gresik

RedaksiKBID

492 Siswa Madrasah Ibtidaiyah Sidaorjo Ikuti Perjusami MWC LP Ma’arif NU Wonoayu

RedaksiKBID