KampungBerita.id
Kampung Gaya Kampung Raya Surabaya Teranyar

RW 04 Lakarsantri Dikenal sebagai Kampung Sinden

Lurah Lakarsantri, Sri Heryanti Trisuwandani dan tokoh masyarakat Ferlix Prasetya bersama para sinden ibu-ibu RW 04.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Berawal dari keberhasilan menjadi juara III lomba Surabaya Smart City (SSC) 2022, akhirnya warga RW 04 Kelurahan/Kecamatan Lakarsantri menjadikan ikon wilayahnya sebagai “Kampung Sinden”.

Ketua RW 04 Lakarsantri, Heri Sutikno ketika dikonfirmasi mengatakan, disebut Kampung Sinden ini memang ada kaitannya dengan sesepuh di wilayah RW 04. Yakni, adanya punden atau petilasan Dewi Larasati (Mbok Denok) yang merupakan mantan sinden di Kelurahan Lakarsantri.

Mbok Denok dipercaya oleh warga sebagai pendahulu yang membabat alas Pedukuhan Kalisantri yang sekarang menjadi wilayah RW 04 Lakarsantri.
“Itulah yang membuat kita mengusung wilayah RW 04 ini sebagai Kampung Sinden,” ujar dia.

Agar rekam jejak Mbok Denok tidak hilang, lanjut dia, warga RW 04 mengaktifkan kembali seni karawitan agar kampung ini lebih dikenal sebagai Kampung Sinden.

“Sebenarnya (Kampung Sinden) ini sudah terwujud. Sudah ada videonya dan sinden-sinden itu murni ibu-ibu dari RW 04. Sedang punden Mbok Denok itu sebagai bentuk pakem, ada pengrawit (penabuh gamelan), ada Gending, dan ada sinden,”jelas dia.

Petilasan Dewi Larasati (Mbok Denok) yang lokasinya ada di tengah-tengah Lapangan Golf Citraland.@KBID-2023.

Guna mempertegas wilayah RW 04 Lakarsantri sebagai Kampung Sinden, warga merenovasi pendopo di area punden Mbok Denok yang menariknya berada di tengah-tengah Lapangan Golf Citraland. Anggaran renovasi pendopo itu murni hasil swadaya warga.

“Guna menjaga kultur budaya atau tradisi ini, maka setiap tahun warga rutin mengadakan Ruwat Desa atau Sedekah Bumi agar dijauhkan dari segala bencana dan penyakit. Terpenting, kami mendorong agar Punden Mbok Denok ini sebagai cagar budaya, ” tandas dia seraya menambahkan, jika di wilayah RW 04 ini punya grup karawitan yang aktif berlatih.

Lurah Lakarsantri, Sri Heryanti Trisuwandani berharap grup karawitan ibu-ibu RW 04 tetap berlatih untuk meningkatkan keterampilannya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan warga. Dan Kampung Sinden ini adalah ikon yang diinisiasi warga RW 04. Saya berharap ini tak hanya slogan, keterampilannya harus terus diasah dan ditingkatkan sehingga kampung RW 04 ini benar-benar memang layak sebagai Kampung Sinden, ” tutur dia.

Seperti diketahui dalam SSC 2022 banyak bermunculan kampung tematik yang jadi unggulan dan inovasi RW-RW. Misalnya di Surabaya Pusat ada Kampung Lawas Maspati, di Surabaya Selatan (Pagesangan) ada Kampung Laboratorium Pengelolaan Lingkungan, kemudian di Surabaya Utara terdapat Kampung Green House. Lalu di Surabaya Timur ada Kampung Bunga Telang, dan di Surabaya Barat (Lakarsantri) ada Kampung Sinden. KBID-BE

Related posts

Kapolresta Sidoarjo Cek Jalannya Rekonstruksi Pembacokan di Taman Sidoarjo

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Berharap Pemkot Seriusi Status Tanah Warga Bulak Banteng

RedaksiKBID

Seleksi PPDB Gunakan Sistem Zonasi, Warga Banyuurip Kesulitan Masuk SMP Negeri

RedaksiKBID