KampungBerita.id
Madrasah Matraman Teranyar

SMP Negeri 1 Kota Mojokerto sabet Juara Satu Pendogeng Pelajar Nasional

Sejumlah pelajar SMP Negeri 1 Kota Mojokerto sedang asyik baca buku Perpustakaan di Taman Sekolah

KAMPUNGBERITA.ID – Sejak tiga tahun yang lalu, program Perpustakaan Ramah Anak telah berjalan di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Sekolah ini, mempunyai 28 tempat perpustakaan yang tersebar disetiap kelas dan sudut sudut ruangan santai, yang selama ini dimanfaatkan para pelajar dalam menambah perbendaharaan ilmu saat istirahat kelas maupun jam pelajaran berakhir.

Program SMP Negeri 1 Kota yang menggencarkan Taman Baca di Perpus Ramah Anak inilah, membawa nama sekolah ini dapat menyabet Juara Pertama Pendongeng Pelajar Nasional.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Mojokerto Mulib Spd mengatakan, Awalnya SMP Negeri 1 Kota hanya mempunyai satu tempat perpustakaan, melihat antusias serta ramainya pelajar yang memanfaatkan baca saat istirahathanya dan selesai pelajaran kelas, sekolah ini telah memperbanyak perpustakaan ramah anak yang tersebar disetiap kelas dan sudut ruang terbuka.

Berbagai jenis buku baca tersedia lengkap disetiap perpustakaan, seperti buku dongeng dongeng, buku sejarah indonesia maupun dunia, serta buku-buku pelajaran tryout persiapan ujian nasional.

Menurut Kepala Sekolah, bahwa diantara aspek dalam mendukung mutu pendidikan serta menciptakan prestasi pelajar adalah tersedianya Perpustakaan Ramah Anak. Banyak hal yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah dan komite untuk mewujudkan perpustakaan agar menjadi aktif dan menarik minat siswa untuk datang dan membaca di Perpustakaan Ramah Anak. Mulai dari menata ruang perpustakaan dan arahan perilaku positif yang dilakukan para pelajar saat berada di perpustakaan tersebut. Semua yang dilakukannya, untuk mewujudkan perpustakaan yang berbeda sehingga siswa senang untuk pergi ke perpustakaan, sering berkunjung ke perpustakaan dan menikmati buku-buku yang mereka baca di perpustakaan, sehingga dapat mendorong untuk meningkatkan kebiasaan membaca mereka serta bisa mendukung prestasi belajar anak.

”Perpustakaan Ramah Anak yang ada di SMP Negeri 1 Kota, sama sekali tidak mengganggu proses belajar mengajar disekolah ini, justru dapat memperkaya ilmu serta mendukung prestasi anak. Terbukti, salah satu pelajar sekolah ini dapat meraih prestasi nasional sebagai Juara Pertama Lomba Dongeng Pelajar Nasional.
> Selanjutnya, disamping kami akan meningkatkan mutu pendiikan disekolah ini, kami juga segera melengkapi berbagai sarana dan prasarana kegiatan membaca anak-anaknya sangatlah penting. Hal lain yang juga menarik dari sekolah ini adalah kepedulian seluruh, komponen sekolah terhadap minat baca siswa,” jelas Pak Mulib sapaan akrabnya. KBID-ARI

Related posts

Drama Sujud Risma Berlanjut, Kali Ini di hadapan IDI

RedaksiKBID

Diinterupsi soal Mafia Perizinan saat Sidang Paripurna, Risma Sebut Itu Fitnah

RedaksiKBID

Peringati HUT RI ke-73, Awey: Pemerintah harus Mengayomi Masyarakat

RedaksiKBID