KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Surat Suara Pilgub Jatim Banyak yang Rusak

Salah seorang petugas sortir saat menemukan surat suara yang rusak.

KAMPUNGBERITA.ID – Ratusan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim 2018, ditemukan rusak. Hal itu merujuk hasil sortir dan pelipatan yang tengah dan sedang dilakukan KPU Kabupaten Pacitan.

Divisi Keuangan Umum dan Logistik, KPU Pacitan Sulistyorini mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan sortir dan pelipatan ditemukan sebanyak 88 surat suara tidak memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Hari kedua, lembaga penyelenggara pemilu kembali menemukan sebanyak 686 lembar surat suara yang wajib diganti.

“Sampai hari ketiga ini kemungkinan masih banyak lagi surat suara yang ditemukan rusak. Akan tetapi kami belum bisa memberikan informasi secara akumulatif berapa lembar surat suara yang perlu diganti tersebut. Sebab detik ini masih dalam proses sortir dan pelipatan. Kemungkinan besok sudah bisa disampaikan rekapitulasi surat suara yang rusak maupun yang layak dipergunakan saat proses pemilihan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pada awal sebelum dilakukan sortir dan pelipatan, KPU Pacitan menerima sebanyak 237 boks, yang masing-masing boks di antaranya berisikan 2.000 lembar surat suara. Hanya satu boks, yakni nomor 237 berisikan sebanyak 86 lembar surat suara. Secara keseluruhan, jumlah surat suara yang diterima dari KPU Provinsi Jatim, tercatat sebanyak 472.086.

“Kita masih perlu cek kembali, benar atau tidaknya jumlah tersebut. Sebab KPU Pacitan menerima dalam bentuk boks tersegel. Dan baru kita buka selama tiga hari ini. Kalaupun ada jumlah yang belum sesuai serta banyaknya surat suara yang rusak, kami akan sampaikan berita acara ke KPU Provinsi guna dimintakan penggantian,” tegasnya.KBID-PAC

Related posts

Startup di Surabaya Tumbuh Kencang, Anak Muda Banyak Ciptakan Peluang

RedaksiKBID

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1 April

RedaksiKBID

KPU Surabaya Ingatkan Peserta Pemilu Maksimalkan Masa Kampanye untuk Sosialisasi Diri dan Paparkan Visi Misi

Baud Efendi