KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Tak Miliki NIK, Ribuan Penyandang Disabilitas di Pacitan Tak Terima Bantuan

Penyandang disabilitas.@IlustrasiKBID2018

KAMPUNGBERITA.ID – Para penyandang disabilitas di Pacitan patut mendapat perhatian serius dari pemerintah. Bukan hanya persoalan hak pilih yang mungkin masih perlu pemutakhiran. Namun banyak dari mereka hanya gara-gara tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK) akhirnya batal mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Kabid Pelayanan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Pacitan Sukmawati mengatakan, banyak dari penyandang disabilitas, hanya gara-gara belum memiliki kartu keluarga (KK) serta KTP elektronik, akhirnya gagal mendapatkan akses bantuan dari pusat.

Menurutnya,  merunut data tahun 2016, jumlah penyandang disabilitas, baik fisik maupun mental di Pacitan, tercatat sejumlah 4.367 orang. Dari jumlah tersebut, lanjut dia, yang mengalami cacat mental sebanyak 1.216 orang, idiot sebanyak 165 orang, serta lumpuh sebanyak 198 orang. Mayoritas mereka berdomisili di Kecamatan Pacitan, Tulakan, Arjosari, Bandar dan Pringkuku.

“Dari empat ribuan lebih penyandang disabilitas tersebut, hampir 30 persen atau setara 1.200-an lebih terutama mereka yang mengalami cacat mental, tidak memiliki admistrasi kependudukan khususnya KK maupun KTP elektronik,” ujar Sukma.

Sukma mengaku prihatin, dengan kondisi mereka. Sebab, sering kali ada program bantuan dari pusat, namun mereka harus menelan pil pahit lantaran tak bisa mengakses bantuan tersebut hanya gara-gara tidak terdaftar dalam data base kependudukan. “Kami sudah berupaya membuka kran kerja sama dengan Dispendukcapil terkait persoalan tersebut, agar mereka sedapat mungkin bisa mendapatkan bukti adminduk,” tegasnya.KBID-PCT

Related posts

Anggota Banggar Machmud Sarankan Pemkot Surabaya Beri Sanksi Perusahaan BUMD Tak Penuhi Target 

RedaksiKBID

Fenomena Munculnya Pemimpin-Pemimpin Muda di Panggung Politik, Golkar Surabaya: Ini Membawa Harapan Baru Perubahan Bangsa

Baud Efendi

Viral, Whisnu Sakti Ada di Pilkada Blitar

RedaksiKBID