Yakin Lolos Verifikasi Faktual, Pasangan Yasin-Gunawan Minta Dukungan Warga Surabaya

Pasangan Yasin-Gunawan.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Perjuangan panjang pasangan M Yasin-Gunawan untuk bisa menjadi kontestan Pilkada Surabaya 2020, tinggal selangkah lagi. Pasangan yang maju lewat jalur perseorangan (independen) ini tinggal menyelesaikan tahapan verifikasi faktual.

Jika dalam verifikasi faktual ini lolos, maka pasangan M Yasin- Gunawan bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota (bacawali) dan bakal calon wakil wali kota (bacawawali) ke KPU Surabaya.

Untuk itu, pasangan M Yasin- Gunawan meminta dukungan dan doa warga Surabaya agar dalam verifikasi faktual nanti bisa lolos. Sehingga mereka bisa menjadi calon alternatif di pilkada nanti.

” Ya, kami berharap bisa lolos dari verifikasi faktual nanti. Selali lagi kami mohon dukungan dan doa warga Surabaya,” ujar Yasin ketika dikonfirmasi Minggu (7/6/2020).

Dalam verifikasi nanti, petugas panitia pemungutan suara (PPS) akan mendatangi satu per satu pendukung pasangan Yasin-Gunawan.

Mereka akan ditanya apakah benar mendukung, kalau iya maka dukungan itu dinyatakan memenuhi syarat (MS). Kalau tidak ya tidak memenuhi syarat (TMS).

Kalau ada kekurangan jumlah dukungan dalam proses verifikasi faktual itu, nantinya pasangan bakal calon bisa melakukan perbaikan. Dan, perbaikan jumlah dukungan itu selisih dari jumlah dukungan dikalikan dua. Misalnya dari proses awal dinyatakan lolos dengan jumlah dukungan 139 ribu, kemudian dalam tahapan verifikasi selanjutnya menyusut karena tidak memenuhi syarat, maka pasangan bakal calon harus menyerahkan kekurangan itu dua kali jumlahnya. Kali kurang 6 ribu ya dikalikan dua, jadinya 12.000.

Namun jika pasangan bakal calon sudah memenuhi syarat setelah melalui serangkaian tahapan verifikasi ini, maka bisa mendaftar sebagai kontestan Pilkada Surabaya 2020.

Lebih jauh, Yasin mengatakan selama proses tahapan pilkada ditunda akibat pandemi Covid-19, dirinya aktif bersosialisasi ke masyarakat Surabaya untuk mencari dukungan. ” Kami terus mencari dukungan sebanyak-banyaknya,” tandas dia.

Dikonfirmasi terpisah, Gunawan juga optimistis bisa lolos dari verifikasi faktual. “Kalau ditanya apa yakin bisa lolos, ya saya optimistis. Tapi intinya manusia hanya berusaha, Tuhan lah yang berkehendak, ” ujar dia.

Bagaimana jika dalam verikasi nanti ada perbaikan? Dengan tegas dia menyatakan siap. “Saat ini kami sudah menyiapkan 50 ribu KTP cadangan, jika dalam verifikasi faktual nanti butuh perbaikan. Tapi, mudah-mudahan semua dukungan memenuhi syarat, ” tandas Gunawan. KBID-BE