KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Madrasah Peristiwa Surabaya Teranyar

Dua Rekor MURI Dipecahkan Muslimat NU dalam Sehari Terkait Komitmen Menurunkan Stunting

Ketua PP Muslimat NU yang juga Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mendapatkan dua penghargaan dari MURI terkait upaya penurunan stunting. Yakni minum tablet zat besi oleh ibu hamil terbanyak dan komitmen ibu hamil mengkonsumsi makanan nutrisi tinggi. @ KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasinya atas komitmen Muslimat NU yang begitu tinggi terhadap kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak, khususnya ibu hamil.

Komitmen itu bahkan telah mengantarkan Muslimat NU berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penghargaan ini meliputi pemecahan rekor oleh PP Muslimat NU, yaitu minum tablet zat besi (FE) oleh ibu hamil terbanyak dan komitmen ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi terbanyak sejumlah 10.158 orang yang dilakukan secara hybrid.

Kedua rekor tersebut diterima Gubernur Khofifah yang juga menjabat Ketua Umum PP Muslimat NU.

Pemecahan rekor tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan Maulidur Rasul Muslimat NU Jawa Timur dan Pelantikan PC Muslimat NU Surabaya di Jatim Expo International Convention Center, Jalan A. Yani Surabaya, Minggu (23/10/2022).

Atas berbagai capaian rekor tersebut, Gubernur Khofifah menegaskan, rekor yang dicapai oleh Muslimat ini bukan hanya dalam taraf Indonesia saja, ternyata juga internasional.

“Alhamdulillah hari ini (kemarin, red) telah dipecahkan rekor MURI oleh Muslimat NU terkait hal mendasar yaitu penurunan stunting. Selain mengkonsumsi zat besi juga komitmen menjaga kehamilan agar ibu yang hamil tidak kurang gizi dan bayi yang dikandungnya sehat dan tidak kurang gizi saat lahir,” kata Khofifah.

Menurut orang nomor satu di Jatim itu, pencapaian rekor ini menjadi bukti bahwa Muslimat NU memberikan perhatian tinggi terhadap kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak, khususnya ibu hamil agar melahirkan generasi bangsa yang unggul dan soleh. Salah satunya dengan pemberian zat besi bagi ibu hamil sebagai upaya mencegah gizi buruk dan stunting.

“Ada hal yang ibu-ibu sekalian lakukan, yaitu memberikan zat besi bagi ibu hamil. Ini menjadi bagian yang sangat penting karena di antara sumber daya manusia yang kita siapkan, kita hindarkan kemungkinan anak-anak kita lahir kurang gizi, sehingga dapat berujung pada stunting,” ungkap dia,

 

Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa pada kegiatan Maulidur Rasul Muslimat NU Jatim dan pelantikan PC Muslimat NU Surabaya di Jatim Expo Internasional Convention Center, Minggu (23/10/2022).@KBID-2022.

Lebih lanjut, Khofifah yang juga sebagai Ketua Tanfidziyah PBNU itu mengajak seluruh jajaran Muslimat NU dari pusat hingga ranting untuk saling memberikan perhatian terhadap ibu hamil di lingkungan sekitarnya. Hal ini untuk memastikan kecukupan gizi para ibu hamil telah terpenuhi.

“Saya minta seluruh anggota Muslimat NU sampai di jajaran ranting untuk rajin melihat keadaan sesama, supaya semua menerima gizi yang cukup,” pinta Khofifah.

Selain itu, Khofifah menambahkan pentingnya menjaga kesehatan spiritual bagi keluarga agar sehat lahir batin. Dengan demikian ikhtiar batin untuk putra-putri sholeh yang akan mendatangkan kebaikan bagi masa depan bangsa.

“Jadi bukan cuma tentang zat besi, mencegah gizi buruk dan stunting. Ini juga harus ditambah dari sisi kesehatan spiritual agar sehat lahir batin,” jelas dia.

Khofifah pun mencontohkan, bahwa Ibunda Gus Dur Nyai Sholichah Wahid Hasyim mengkhatamkan Alquran setiap tiga hari sekali selama masa kehamilan.

“Bu Nyai Solichah Wahid Hasyim dahulu semasa hamil, tiap tiga hari beliau selalu mengkhatamkan Alquran. Ini menjadi catatan kita semua, kalau ingin putra-putri yang terlahir soleh solehah, mendatangkan manfaat, dan memberikan kebaikan bagi masyarakat, bangsa, negara, maka tiap tiga hari khatamkanlah Alquran seperti saat bu Nyai Sholichah Wahid Hasyim mengandung Gus Dur,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Dinilai Berkarakter, NasDem Tugaskan Awey Maju Caleg DPR RI

RedaksiKBID

Bantu Warga, Adies Kadir Salurkan Bantuan Sembako di Tengah Pandemi Corona

RedaksiKBID

Jelang Pilwali Kediri, Gambar Ketua PCNU dan Ansor ‘Dibajak’

RedaksiKBID