KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Incar 7 Kursi, PAN Surabaya Usung Tagline ‘PAN 12 Pas Bantu Rakyat’

Rombongan DPD PAN Surabaya yang dipimpin Mahsun Djajadi berjalan kaki ke KPU diiringi musik rebana.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Surabaya menyerahkan berkas 50 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPRD Kota Surabaya ke Kantor KPU setempat, Jumat (12/5/2023).

Kedatangan rombongan PAN Surabaya yang dipimpin DR KH Mahsun Djajadi (Ketua DPD PAN Surabaya) dan Juliana Evawati (Sekretaris) diiringi musik rebana dan kesenian tradisional. Ini menunjukkan semangat religius PAN.

Menurut Mahsun Djajadi, berbagai persiapan untuk pencalegan sudah di lakukan sejak lama. Dan, yang sangat menentukan adalah minggu-minggu terakhir ini.

“Alhamdulillah, PAN sudah menyerahkan berkas 50 bacaleg sesuai ketentuan di mana Surabaya memiliki lima daerah pemilihan (dapil). Tiap dapil ada yang diisi 10 bacaleg, ada yang 9, dan 11. Tapi totalnya tetap 50,” ujar dia di sela-sela penyerahan berkas bacaleg di Kantor KPU Surabaya, Jumat (12/5/2023) siang.

DPD PAN Surabaya secara simbolis menyerahkan berkas bacaleg kepada Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi.@KBID-2023.

Lebih jauh, Mahsun menyatakan, antusiasme masyarakat Surabaya yang ingin nyaleg atau menyalurkan aspirasinya lewat PAN luar biasa. Sehingga kuota 50 bacaleg sudah tercukupi, bahkan bacaleg yang daftar melebihi.

Untuk itu, bacaleg yang tidak masuk daftar 50 yang didaftarkan ke KPU akan menjadi cadangan atau masuk periode berikutnya.
“Yang terlibat pencalegan tak hanya kaum muslimin. Tapi juga ada yang non muslim ikut nyaleg. Mereka kita terima karena partai ini terbuka dan harus mengkomunikasikan kepentingan semua pihak, “ungkap dia.

Kenapa PAN memilih menyerahkan berkas bacaleg tanggal 12? Mahsun menjelaskan PAN Surabaya mengikuti instruksi dari DPP, di mana pada Jumat (12/5/2023) dilakukan pendaftaran secara serentak se-Indonesia ke KPU masing-masing .

“Jadi kami PAN Surabaya mengikuti instruksi DPP. Apalagi tanggal 12 sakti, karena nomor urut PAN,” ungkap dia.

Lebih jauh, dia menegaskan jika 50 bacaleg yang didaftarkan siap memenangkan PAN pada Pemilu 2024. Sesuai hasil Rakerda PAN Surabaya target di Pileg 2024 adalah tujuh kursi. Untuk itu, tiap dapil diharapkan mendapat satu kursi. Namun ada dua dapil yang masing-masing diharapkan dapat dua kursi, yakni dapil 1 dan dapil 2.

“Pada Pileg 2019, kita punya tiga kursi di DPRD Kota Surabaya. Pada Pileg 2024, kami targetkan tujuh kursi atau dua kali lipat. Untuk mewujudkan target itu bacaleg harus bekerja keras. Istilah di partai kami, mereka itu berkontestasi, bukan berkompetisi. Bukan saling menjatuhkan, tapi saling menguatkan, “tegas Mahsun.

Sementara untuk memotivasi dan menambah daya gedor bacaleg-bacaleg-nya, PAN mengusung tagline “PAN 12 Pas Bantu Rakyat”. Tujuannya bersama menuju kehidupan sejahtera bagi masyarakat dan bangsa. “Saya optimistis PAN akan semakin dicintai, “tandas dia.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPD PAN Kota Surabaya, Juliana Evawati. Menurut dia, untuk kuota perempuan di PAN Surabaya sudah terpenuhi 30 persen lebih. Begitu juga untuk kaum milenial. “Kami meyakini semua usaha dan ikhtiar kita dengan kerja-kerja politik, Insyaallah sesuai dengan yang kita harapkan, ” ungkap dia.

Sementara Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengatakan jika PAN Surabaya sudah menyerahkan pengajuan bacaleg yang disertai persetujuan DPP.

“Setelah kita terima akan dilanjutkan pemeriksaan dokumen dan syarat administrasi melalu Sistem Informasi Pencalonan (Silon), ” jelas dia.

Jika ada persyaratan bacaleg kurang lengkap, lanjut dia, akan dikembalikan dan diberi waktu hingga Minggu (14/5/2023) untuk melengkapi.

“Hampir semua parpol yang sudah daftar seluruh proses di Silon sudah hijau, sehingga kelengkapan tak ada persoalan, ” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Pemantauan Hilal untuk Tentukan Awal Zulhijah Dilakukan di 86 Lokasi

RedaksiKBID

Pemkot Surabaya Rencanakan Beri Gaji Guru Swasta Setara UMR

RedaksiKBID

Kawasan Romokalisari Dirancang Jadi Area Wisata Air, Komisi B Minta Pemkot Berdayakan Nelayan dan UMKM Setempat

RedaksiKBID