KampungBerita.id
Madrasah Nasional Teranyar

Kontingen Jatim Juara KSM 7 Kali Berturut-turut

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin berfoto bersama para juara Kontingen Jatim.

KAMPUNGBERITA.ID – Kontingen Jawa Timur kembali meraih juara dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2018 yang digelar di Bengkulu, selama sepekan (24-29/9). Predikat juara umum ini merupakan keberhasilan Jawa Timur yang ke tujuh dalam mempertahankan gelar juara berturut-turut sejak awal dilaksanakan KSM Nasional 2012 silam.

Kontingen Jawa Timur memastikan gelar tersebut setelah dinyatakan berhasil menyabet 40 medali yang terdiri dari 8 medali emas, 18 medali perak dan 14 medali perunggu. Perolehan tersebut meninggalkan jauh kontingen pesaing yang ada dibawahnya dari Provinsi Jawa Tengah yang berhasil mengantongi 16 medali terdiri dari 5 medali emas, 7 medali perak dan 4 medali perunggu.

Selain mendapatkan medali emas dan hadiah jutaan rupiah, para jawara yang berhasil menggondol medali emas pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) akan mendapatkan tiket masuk gratis tanpa tes pada dua kampus terkemuka di Jawa Timur, yakni UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Selain tiket masuk tanpa tes, kedua kampus tersebut juga memberikan beasiswa pada siswa peraih medali emas selama menempuh studi sains dan tehnologi di kampus setempat.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Syamsul Bahri mengungkapkan kegembiraannya atas kemenangan Jawa Timur pada ajang bergengsi madrasah di kancah nasional ini. Ia merasa bangga pada siswa madrasah Jawa Timur yang telah kembali mengukir sejarah kemenangan sebagai juara umum KSM Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah siswa-siswi madrasah Provinsi Jawa Timur kembali mengukir sejarah kemenangan sebagai juara umum KSM Nasional di Bengkulu setelah berturut-turut enam kali meraih kemenangan,”ungkap Syamsul Bahri di Surabaya.

Kemenangan ini, tambah mantan Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Bali ini membuktikan bahwa siswa madrasah Jawa Timur memiliki kemampuan yang luar biasa baik di kancah nasional maupun internasional.
Melalui kemenangan ini, Syamsul Bahri mengajak untuk terus optimis dengan slogan madrasah hebat bermartabat dapat terwujud untuk menjawab tantangan zaman .

Senada dengan Kakanwil, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Leksono merasa bersyukur Jawa Timur tetap berhasil meraih gelar juara umum seperti harapan awal.

“Kami bersyukur Jawa Timur tetap meraih juara umum seperti harapan kita mempertahankan juara umum. Dengan jumlah peserta terbanyak 76 orang, kita berhasil mendapat 40 medali,” ungkap Leksono.

Diketahui, dalam KSM ini ada beberapa mata pelajaran yang dilombakan. Di antaranya untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah ada Matematika Terintegrasi, Sains IPA terintegrasi.

Untuk Madrasah Tsanawiyah ada Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu dan IPS Terpadu.

Sementara untuk tingkat MA ada Matematika, biologi, kimia, fisika ekonomi, dan geografi terintegrasi.
Ada 542 siswa yang bersaing untuk menjadi terbaik dalam ajang ini. Mereka bersaing dalam beberapa mata pelajaran yang dilombakan tersebut. KBID-NAK

Related posts

Ketua DPRD Surabaya Sarankan Hotel dan Apartemen jadi Tempat Observasi Covid-19

RedaksiKBID

Pasar Kembang Surabaya Terbakar, 70 Persen Kios Ludes

RedaksiKBID

Khofifah Punya Daya Magnet, Dipasangkan dengan Ganjar, Prabowo, atau Anies akan ‘Nendang’

RedaksiKBID