KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Melalui BPBD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Beri Bantuan Penahan Longsor di Desa Kauman

BPBD Bojonegoro
BPBD Bojonegoro nengirim bantuan ke lokasi tanah longsor.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan bantuan berupa penahan tanah longsor. Bantuan ini menindaklanjuti adanya bencana longsor di Desa Kauman RT 10 RW 2 Jl. Prajurit Abu Bojonegoro, Minggu (8/5/2022) lalu.

Bencana longsor disebabkan hujan lebat yang mengguyur sejumlah Wilayah di Bojonegoro. Akibat longsor itu, dua rumah warga yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo ambles.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Ardhian Orianto menjelaskan dalam keadaan darurat, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan sesegera mungkin melakukan penanganan. Namun untuk pembangunan secara permanen, akan berkoordinasi dengan OPD terkait.

“Kita dalam keadaan darurat, terlebih dahulu akan menanggulangi longsor agar tidak terjadi kembali. Untuk pembangunan permanen, akan dibicarakan lebih lanjut bersama OPD terkait,” terangnya.

Lebih lanjut Ardhian menjelaskan dalam kegiatan ini, bantuan dari Pemkab melalui BPBD diserahkan kepada Pemerintah Desa Kauman. Untuk selanjutnya, Pemerintah Desa Kauman bersama warga melaksanakan kerja bakti. Sebab di Desa sudah ada alokasi Anggaran kebencanaan dalam APBDes

“Setelah melakukan penyerahan kepada Pemerintah Desa setempat, masyarakat melaksanakan kerja bhakti menahan tanah agar tidak kembali longsor,” terangnya Rabu (11/5/2022)

Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui BPBD Kabupaten Bojonegoro tersebut berupa sesek, bronjong, bongkotan dan karung. Bantuan diharapkan mampu menahan tanah agar tidak kembali longsor.

“Bantuan tersebut dengan rincian Bronjong 40 lembar, Sesek 25 lembar, Zak 200 lembar, Bambu 20 buah dan Batu 40 M3,” pungkasnya.KBID-JUP

Related posts

Tiga Gedung di Mapolrestabes Surabaya Diresmikan, Kapolda Berharap Pelayanan Lebih Ditingkatkan

RedaksiKBID

Prihatin Kasus Persekusi, NasDem Jatim Ajak Masyarakat Hormati Guru

RedaksiKBID

13.837 WBP dan Anak di Jatim Peroleh Remisi Umum 2021 di Hari Kemerdekaan RI ke-76

RedaksiKBID