KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Pembangunan Rumah Usaha di Permukiman, Komisi A DPRD Surabaya Minta Pemkot Lebih Selektif Terbitkan Izin

Dengar pendapat Komisi A terkait rumah usaha di permukiman.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Polemik antara warga Tanah Kali Kedinding dengan kontraktor PT Graha Bangun Utama sudah menemui titik temu, yakni dengan kesanggupan pihak kontraktor memperbaiki rumah empat warga yang rusak atau retak-retak dampak pembangunan rumah usaha (pergudangan).

Namun kali ini, giliran Komisi A DPRD Surabaya menggelar hearing dengan dinas terkait, untuk mengetahui proses perizinannya, Senin (19/4/2021).

Anggota Komisi A Arif Fathoni mengatakan, Komisi A melihat izin yang dikeluarkan oleh Pemkot Surabaya adalah rumah usaha.

“Tetapi warga tidak diberi penjelasan, bahwa disitu dipakai tempat (pergudangan) sub distributor minuman beralkohol golongan A,” ujar Arif Fathoni.

Karena itu, menurut dia, seharusnya izin lingkungan yang diberikan Dinas Lingkungan Hidup itu sejak awal mengajak partisipasi aktif masyarakat sekitar pergudangan.

“Apakah masyarakat Tanah Kali Kedinding ini bisa menerima di tengah permukiman ada gudang distributor minuman beralkohol golongan A,” tegas dia.

Untuk itu, Toni, panggilan Arif Fathoni berharap pemkot lebih selektif dalam menerbitkan izin usaha di kawasan permukiman.

“Apalagi karakteristik masyarakat kita ini beragam,” tandas dia.

Apa Komisi akan sidak ke lokasi? Politisi Partai Golkar Surabaya mengatakan rencananya Komisi A dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan sidak ke lokasi. Karena pihaknya melihat rumah usaha yang diberikan hanya 30 meter persegi. Padahal eksisting bangunannya sekitar 765 meter persegi.

“Apakah izinnya cukup rumah usaha ataukah yang bersangkutan harus menurut tanda daftar gudang,” ungkap Toni.

Karena luas bangunannya seperti itu, maka Komisi A akan mengundang masyarakat sekitar. “Apakah warga keberatan atau tidak di kawasan permukiman itu dipakai sebagai gudang minumal beralkohol, kira kira itu,”tutur dia. KBID-PAR

Related posts

Alami Kram, Pelajar SMP Tewas Tenggelam di Kolam Renang Sidoarjo

RedaksiKBID

Ning Ita Beri Bantuan Kursi Roda untuk Fathurohman

RedaksiKBID

Gelar Doa Bersama, Syaifudin Zuhri Targetkan Raup 15 Ribu Suara di Kelurahan Sememi

RedaksiKBID