KampungBerita.id
Headline Politik & Pilkada Teranyar

Sah, Demokrat Pasangan Khofifah – Emil Dardak di Pilgub Jatim


Foto yang seharian kemarin beredar di media sosial. Tampak Khofifah Indar Parwansa dan Emil Dardak bersama SBY, Gubernur Jatim, Soekarwo, KH Salahudin Wahid, dan sejumlah kiai lainya.

KAMPUNGBERITA.ID – Partai Demokrat akhirnya resmi mengeluarkan rekom untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil) sebagai Cagub dan Cawagub Jawa Timur tahun 2018. Kepastian itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan.

“Iya… sah. Sudah final Demokrat rekom Khoffifah-Emil?,” tegas Hinca, Selasa (21/11).

Hinca mengakui foto antara Khofifah-Emill bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo yang beredar di media sosial adalah benar adanya.

“Iya benar foto itu, diambil di Cikeas. Kebetulan hari ini (kemarin –red) memang ada rapat Majelis Tinggi,” ujar Hinca.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio menjelaskan, pihaknya menyerahkan soal rekom itu ke majelis tinggi partai sebagai pemilik mandat dan Tim 9 yang terdiri dari para kiai yang diberi mandat oleh Khofifah untuk menentukan cawagub.

“Klo DPD Partai Demokrat menyerahkan soal rekom ke Majelis Tinggi dan Tim 9. Sejak awal DPD Partai Demokrat memang mendorong Mas Emil sebagai cawagub Bu Khofifah,”ujar Anggota DPRD Jatim ini.

Selain foto Khofifah dan Emil yang didampingi SBY dan Pakde Karwo, juga beredar foto lain yaitu foto bersama para kiai. Khofifah dan Emil foto bersama dengan KH Dr Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah, pengasuh Pesantren Tebuireng), KH Dr Asep Saifuddin Chalim (pengasuh pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dan Surabaya), Nyai Mahfudzoh Abdul Wahab Chasbullah (cucu pendiri NU KH Chasbulllah Wahab), KH Afifuddin Muhajir (wakil pengasuh Pesantren Salafiyah Syaifiyhah Sukorejo Situbondo), KH Mas Mansur (Pesantren Sidoresmo Surabaya), KH Husnul Huluq (mantan ketua PCNU Gresik) dan Prof Dr Mas’ud Said (Staf Khusus Mensos Khofifah). Tampaknya mereka berfoto di ruang perpustakaan pribadi SBY di rumahnya di Cikeas.

Benarkah Khofifah resmi menggandeng Emil? Juru bicara tim 9 belum memberi kepastian. ”Mengerucut pada dua nama,” kata KH Dr Asep Saifuddin Chalim, juru bicara tim 17 kepada wartawan.

Meski demikian, pengasuh Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto itu tetap merahasiakan siapa nama-nama tersebut. ”Pokoknya yang bisa membuat warga Mataraman merasa lega dan terwakili,” kata mantan ketua PCNU Surabaya itu seolah membuat teka-teki politik.

Kini dengan beredarnya foto Khofifah dan Emil bersama SBY dan Pakde Karwo ini tampaknya publik Jawa Timur semakin yakin bahwa Khofifah sudah positif menggandeng Emil. Hanya saja beberapa kiai dan tokoh Jatim yang dekat dengan Khofifah – termasuk para kiai tim 17 masih belum mau berkomentar. KBID-DAY

Related posts

Diperiksa Polda Jatim Terkait Kasus Penggelapan, Dhani Sebut yang Tanggung Jawab Eddy Rumpoko

RedaksiKBID

Tekan Penyebaran Covid-19, Dewan Desak Pemkot Surabaya Didesak Buka Data Sebaran

RedaksiKBID

Pasang Banner Jawa Timur Bangkit, Polresta Sudiarhi IMbau Warga Patuh Prokes

RedaksiKBID