KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Surabaya Teranyar

Selundupkan 6 Kilogram Sabu dari Malaysia, Dua Kurir Narkoba Jaringan Madura Dibekuk

Narkoba
Barang bukti dan tersangka saat dipamerkan Polda Jatim.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jatim meringkus dua orang kurir narkoba jenis sabu seberat enam kilogram. Dua orang tersangka tersebut merupakan karingan peredaran narkotika di wilayah Madura.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Gatot Repli Handoko, menjelaskan, pengungkapan ini hasil dari kolaborasi antara Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya dan Ditresnarkoba Polda Jatim.

Kejadian berawal dari adanya informasi dari bea cukai, bahwa adanya barang yang dicurigai dan diduga Narkotika.

“Dari hasil penyelidikan dan pengembangan di lapangan, tim berhasil mengamankan dua orang tersangka inisial LK dan ZN,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Selasa (19/10/2021) siang.

“Untuk tersangka LK dan ZN, keduanya warga Dusun Karang Kokap, Kelurahan Sruni, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Sedangkan tersangka ZN lahir di Sampang, Madura,” sambung dia.

Dari Interogasi terhadap kedua tersangka, bahwa barang haram ini berasal dari Malaysia, namun ini jaringan Sokobanah Madura. Kepada keduanya, akan dikenakan Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 122 Ayat (2) Jounto Pasal 132 Ayat (1) Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu AKBP Samsul Makali, selaku Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Jatim, menjelaskan, barang ini dikemas melalui paket yang kemudian dicurigai oleh pihak bea cukai. Dari sana akhirnya dikembangkan dan akhirnya diungkap dan menangkap kedua kurir sabu.

“Pengakuan dari kedua tersangka mereka baru melakukan dua kali, dan untuk keduanya mereka ini sebagai kurir,” jelas AKBP Samsul Makali, selaku Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Jatim.

Rencananya, barang haram ini akan dikirim ke Madura dan Jember, sedangkan sekali pengiriman sebanyak 6 kilo. “Untuk 1 kilo sabu yang berhasil dikirim tersangka mendapat Rp 1 juta,” pungkasnya.

Sampai saat ini, anggota masih memburu tersangka lain inisial SY, yang sudah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) yang menyuruh kedua tersangka mengambil paket sabu tersebut.KBID-DJI

Related posts

Kabar Duka Korp Adhyaksa, Kajari Sidoarjo Meninggal Dunia

RedaksiKBID

Jaga Keamanan, Polresta dan Polsek Jetis Gelar Apel PAM Pemilu 2019

RedaksiKBID

Suporter Persebaya Gelar Doa Bersama dan Aksi 1.000 Lilin untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

RedaksiKBID