KampungBerita.id
Headline Matraman Teranyar

Awasi Orang Asing, Imigrasi Kediri Kukuhkan Ratusan Anggota Timpora

Monumen Simpang Lima Gumul salah satu ikon Kota Kediri, Jawa Timur banyak menarik minat wisatawan asing berkunjung

KAMPUNGBERITA.ID – Kantor Imigrasi Kediri, Jawa Timur mengukuhkan 210 anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), Jumat (15/9). Tim ini akan bertugas mangawasi keberadaan orang asing di Kediri. Pihak Imigrasi menggandeng 3 pilar yakni TNI, Polri dan petugas kecamatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Jawa Timur Susy Susilowati mengatakan, 210 anggota Timpora sudah terbentuk di 70 kecamatan. Tim yang sudah terbentuk meliputi Kediri Kota/Kabupaten, Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang. Peran Kapolsek, Danramil dan Camat ini nantinya akan ikut mengawasi keberadaan orang asing yang ada diwilayah mereka masing-masing dan berkoordinasi dengan kantor Imigrasi Kediri.

Menurutnya, Timpora sangat penting keberadaannya terutama di kecamatan maupun desa. Masyarakat dapat lebih dekat mendeteksi dan mengawasi keberadaan orang asing, khususnya orang asing tanpa dilengkapi surat ijin.

“Saat ini hanya Jawa Timur yang memiliki Perda orang asing, meskipun dalam taraf harmonisasi. Kedepannya Kanwil Jatim akan melakukan marathon pengukuhan tim. Rencanya Oktober nanti seluruhnya akan dideklarasikan oleh Kementerian Hukum dan Ham bersama Gubernur Jatim,”ujarnya usai pengukuhan.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas 3 Kediri, Rakha Sukma Purnama mengatakan, 70 kecamatan yang menjadi anggota Timpora cukup besar di wilayah Jawa Timur. Untuk itulah pihaknya berharap dapat semakin memperbaiki sistem komunikasi dan koordinasi dari segala pihak, hingga tataran kecamatan guna pengawasan orang asing.

“Cukup besar dan istimewa di wilayah Provinsi Jawa Timur untuk itulah kami mengharap bantuan dan koordinasi bagi seluruh pihak hingga kecamatan terkait orang asing ini,”jelas dia usai sertijab menggantikan Kepala Imigrasi Kediri Tito Ardianayah.KBID-KDR

Related posts

Pembongkaran Warung di Ranu Grati Ricuh, Warga Sepakat Bongkar Sendiri

RedaksiKBID

Prioritaskan Program BLT dan Penghapusan Outsourcing, Warga All Out Dukung MA-Mujiaman

RedaksiKBID

Hadiri Harlah NU ke-92 di Bojonegoro, Gus Ipul Disambut Salam Dua

RedaksiKBID