Catat!, DPT Pilwali Surabaya 2020 Sebanyak 2.089.027 Orang

Komisioner KPU Kota Surabaya saat menggelar rapat pleno penetapan DPT.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Rapat PlenoTerbuka Rekapitulasi Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Tingkat Kota Dan Penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) digelar KPU Kota Surabaya, Jumat (16/10)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Nur Syamsi mengatakan, Rapat Pleno dihadiri oleh Komisioner KPU lengkap, Bawaslu Kota Surabaya, PPK dan dari LO masing-masing Paslon.

“Juga dari Polrestabes Surabaya,” ujarnya,” Jum’at (16/10/2020).

Pada saat paparan DPSHP dari Kecamatan Karangpilang Tim LO dari paslon No. 2 meminta agar KPU juga menyebutkan beberapa kecamatan atau kelurahan yang mengalami permasalahan dan melakukan perbaikan.

Ketua Bawaslu juga menyarankan agar KPU Kota Surabaya menjelaskan hal yang sama. Pihak Bawaslu Kota Surabaya juga meminta sampling beberapa data dari hasil perbaikan tersebut

Setelah agenda penetapan DPT, Naafilah Astri, S.Sos.,M.IP, Komisioner KPU Kota Surabaya, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menyampaikan bahwa Daftar Pemilih Tetap 2.089.027 terdiri dari laki-laki 1.016 395 Dan perempuan 1.072.632.

“Selesai penghitungan pada pukul 22.25 wib. Waktu penetapan menjadi panjang hingga malam hari karena ada pembuktian yang diminta Bawaslu. Apakah saran perbaikan dari Panwascam sudah dilaksanakan atau belum,” terangnya.

Naafilah menjelaskan bahwa hal itulah yang menyebabkan di awal tadi yang lumayan lama adalah ditanyakan bukti terhadap data perbaikan. Jadi, pihak KPU Kota Surabaya harus menyiapkan bukti-bukti dan segala macam. Selain itu, juga ada break Sholat Jum’at.

“Diawal baru satu kecamatan, cukup memakan waktu hingga siang hari, baru selesai satu kecamatan,” ungkapnya.

Naafilah menyebutkan, jika dibanding dengan Pilkada pada tahun 2015, DPT di Pilkada 2020 ini mengalami kenaikan.

“Kalau Saya tidak salah ingat DPT pada Pilkada sebelumnya 2.034.000. Jadi naik sekitar 55 ribuan,” tukasnya. KBID-DJI