Dihadiri Ribuan Orang, Yadnya Kasada Jadi Ajang Promosikan Wisata Gunung Bromo

Ribuan orang dan Suku Tengger menghadiri upacara Yadnya Kasada di Gunung Bomro, Rabu (17/7) hingga Kamis (18/7) dinihari 2019.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Warga Suku Tengger di Gunung Bromo menggelar puncak upacara Yadnya Kasada pada Rabu (17/7) malam atau Kamis (18/7) dinihari. Ribuan keturunan Roro Anteng dan Joko Seger (Tengger) yang merupakan sesepuh Suku Tengger mengikuti serangkaian upacara yang dipusatkan di Pura Luhur Poten dan Puncak Gunung Bromo.

Yadnya Kasada merupakan kegiatan adat dan tradisi rutin tahunan masyarakat Suku Tengger yang menempati 4 wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Kasada sebagai perwujudan syukur pada Sang Pencipta yang disampaikan dalam bentuk selamatan tumpeng dan hasil bumi yang disajikan di kawah Puncak Gunung Bromo.

Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko mengatakan ritual Yadnya Kasada dapat mempromosikan potensi wisata Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Menurutnya Gunung Bromo dikenal sebagai salah satu tujuan wisata dengan alam yang indah dan pesona matahari terbit.

“Pada momentum acara Yadnya Kasada itu, masyarakat Tengger menantikan kebersamaan untuk mempromosikan dan mengembangkan pariwisata, serta melestarikan seni budaya maupun adat tradisi masyarakat lokal Suku Tengger,” katanya.

Dia mengatakan, masyarakat Tengger yang ramah dan terus menjaga kesucian adat budayanya menjadi salah satu faktor yang dapat menarik simpati wisatawan baik domestik dan mancanegara. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan terus memberikan dukungan dengan menyiapkan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat di Gunung Bromo.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Timur Heru Cahyono yang hadir dalam upacara Yadnya Kasada mengatakan Presiden Joko Widodo mengusulkan agar sarana prasarana di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru dikembangkan lagi. “Seperti pembangunan kereta gantung di lokasi wisata Bromo Tengger Semeru segera terealisasi dan berencana memperbaiki sejumlah fasilitas di sekitar kawasan wisata Gunung Bromo,” katanya.

Untuk itu, Pemprov Jawa Timur akan terus berupaya memberi kenyamanan serta memuaskan para wisatawan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dalam resepsi Yadnya Kasada tahun ini tujuh orang dikukuhkan sebagai warga kehormatan dan sesepuh Suku Tengger pada Rabu (17/7) malam. Pengukuhan dilakukan oleh Dukun Pandhita Sutomo sebelum pelaksanaan ritual Yadya Kasada dan larung sesaji di kawah Gunung Bromo.

Ketujuh orang yang dikukuhkan tersebut yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur Heru Cahyono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sunarto, dan Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo. Ada pula Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono, dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo Zulmi Noor Hasani.KBID-NAK