Jelang Tahun Baru Harga Kebutuhan Pokok di Surabaya Stabil

Anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Menjelang Tahun Baru 2021, harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Surabaya tidak ditemukan lonjakan harga.

Ini disampaikan anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Tamrun saat sidak ke Pasar Tambahrejo dan Pasar Keputran Utara, Senin (28/12/2020). Sidak ini untuk mengecek stok persediaan dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasar tradisional menjelang Tahun Baru 2021.

Politisi PDI-P Surabaya ini mengatakan, tidak ada lonjakan segnifikan menjelang Tahun Baru 2021.

“Saya mengecek harga kebutuhan pokok di pasar tradisional. Yang melonjak hanya harga telur, ” ujar dia.

Dia mengatakan, harga telur dari peternak kepada agen sebesar Rp 21.000 hingga Rp 22.000 per kg. Kemudian agen ke pedagang pasar Rp 23.000 per kg. Sedangkan pedagang pasar kepada konsumen (masyarakat) berkisar Rp 25.000 hingga Rp 27.000 per kg.

Untuk itu, John Thamrun mengimbau PD Pasar Surya agar meminta kepada pedagang-pedagang pasar menurunkan harga telur tersebut.

“Ya, menjelang tabun baru kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan bahan pokok sangat tinggi.Saya berharap harga telur bisa dikendalikan. Kalau bisa tidak mencapai angka Rp 25.000 per kg.

Soal kebutuhan pokok lainnya,John Thamrun mengaku seperti daging ayam, gula, garam, dan bawang putih tidak ada kenaikan. Bahkan harga bawang putih cenderung turun.
“Sebelum Natal harga bawang putih Rp 22.500 per kg, tapi setelah Natal turun menjadi Rp 19.000 per kg, ” pungkas dia.KBID-BE-DJI