KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Kinerja Setahun Dievaluasi, 9 OPD Pemkab Sidoarjo Dapat Bendera Hitam

Para kepala OPD dan Camat se-Sidoarjo saat mengikuti paparan hasil evaluasi kinerja, Senin (12/3) lalu.

KAMPUNGBERITA.ID – Pemkab Sidoarjo melakukan evaluasi terhadap kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat selama tahun 2017. Hasilnya, kinerja sembilan OPD dinyatakan kurang memuaskan. OPD ini pun mendapatkan hadiah berupa bendera hitam.

Hasil evaluasi kinerja OPD dan Camat ini dipaparkan tim pemkab di depan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Senin (12/3) lalu. Dalam paparan ini, kinerja sembilan OPD dan enam kecamatan, selama tahun 2017, dinyatakan kurang memuaskan.

Sembilan OPD dimaksud, yakni Disporpar, Disperindag, Dinas Kominfo, Bakesbangpol, Sekretariat DPRD, Dinas PUPR, Dispendikbud, Dinkes dan Dinas Perumahan-Pemukiman.

Sedangkan kecamatan yang kinerjanya dinilai kurang memuaskan, yakni Kecamatan Balongbendo, Taman, Tanggulangin, Tarik, Jabon dan Kecamatan Tulangan. “Bagi OPD yang tahun ini dapat bendera hitam, bisa diperbaiki minimal berubah jadi warna kuning,” cetus Sekda Sidoarjo Ahmad Zaini.

Kata Zaini, kategori penilaian memang dibagi tiga. Pertama, sangat memuaskan (bendera hijau), kedua memuaskan (bendera kuning) dan kategori kurang memuaskan (bendera hitam).

Sedangkan indikator penilaian, ada empat kriteria utama. Pertama, penyerapan anggaran (bobot nilai 20%), kedua realisasi kinerja out put (bobot 40%), ketiga nilai SAKIP (bobot 30%) dan keempat penilaian Bupati terhadap kinerja pimpinan perangkat daerah (bobot 10 %).

Di sisi lain, terdapat 10 OPD yang menerima bendera hijau. Yakni RSUD, BKD, Satpol PP, BPPD, Dinas Penanamam Modal, Inspektorat, Bappeda, Disnaker, BPBD, dan Dispendukcapil. Untuk kecamatan, yakni Kecamatan Sukodono, Sedati, Wonoayu, Porong, Buduran dan Kecamatan Candi.

Bupati Saiful Ilah meminta kepada OPD yang kinerjanya dinilai kurang memuaskan segera melakukan evaluasi, khususnya dalam penyerapan anggaran, realisasi out put dan akuntabilitas kinerja. “Bagi OPD yang mendapat bendera hitam saya minta tahun 2018 ini kinerjanya lebih digenjot lagi,” pintanya.KBID-AIN

Related posts

KRI Sidat-851 Emban Tugas Pengamanan dan Kas Keliling BI ke Kepulauan

RedaksiKBID

Sampaikan Duka, Ketua DPRD Surabaya Tabur Bunga di Makam Mertua Eri Cahyadi

RedaksiKBID

Wawali Whisnu Sakti: Pemkot Surabaya Jamin Umat Beragama Rayakan Hari Besar Keagamaan

RedaksiKBID